DAFTAR BERITA

Rabu, 22 Februari 2012

Jumlah Soal UKA 60 Dengan Waktu 120 menit


INFO PALUTA.com-Peserta Uji Kompetensi Awal akan diberikan 60 soal dengan waktu 120 menit. Universitas Negeri Medan (Unimed) mengawasi penyaluran naskah Uji Kompetensi  (UK) guru untuk 16 daerah di Sumut. UK digelar Lembaga Penjamin Mutu Pendidik (LPMP) pada 23  Februari 2012.

“Kami hanya mengawasi 16 daerah, “ kata Pembantu Rektor I Unimed, Khairil Ansyari. Ke16 daerah dimaksud yakni Medan, Binjai, Deliserdang, Serdangbedagai,  Tebingtinggi, Langkat, Asahan, Simalungun, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara,  Labuhanbatu Selatan, Pakpak Bharat, Padanglawas, Padanglawas Utara dan Tobasa.

Khairil menjelaskan, pengawasan  naskah dimulai dari tempat percetakan hingga lokasi penyimpanan  soal. Lalu, mengawal kembali lembar jawaban ke LPMP. Para pengawas terdiri dari dosendosen  Unimed yang sesuai klasifikasinya dan satu personel kepolisian. Sedangkan pengawasan di ruang  kelas, menjadi tanggungjawab Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota.

Sementara itu, Humas LPMP Syamsir Alamsyah Batubara menambahkan, naskah soal UK dipastikan  sudah disalurkan ke daerah terjauh yakni Pulau Nias pada Kamis mendatang. Proses penggandaan  naskah dilakukan di Medan.

“LPMP ingin memastikan pelaksanaan UK ini benarbenar berjalan baik. Tidak ada kebocoran soal  atau halhal lainnya yang mengganggu pelaksanaan UK,” jelasnya.

Dia menjelaskan, LPMP bertugas dalam proses penggandaan naskah soal, mendistribusikan naskah  ujian hingga ke sekolah dan mengantarkan kembali ke Kementerian.

Sementara kabupaten/kota berkoordinasi dengan guru yang tercatat sebagai peserta UK, tempat dan  pengawas. Sedangkan sekolah mempersiapkan ruang ujian, denah, nomor ujian dan kesiapan lainnya. 

Tidak ada komentar: