DAFTAR BERITA

Senin, 29 Juni 2015

Jangan tiru ulah ganjil bek Chile ini kepada Edinson Cavani

 

INFO TABAGSEL.com-Bek Chile Gonzalo Jara diusir dari turnamen Copa America Minggu waktu setempat karena berusaha memasukkan jarinya (maaf) ke bokong striker Uruguay Edinson Cavani, kata Federasi Sepak Bola Chile seperti dikutip AFP.

Jara dilarang bermain tiga pertandingan menyusul keputusan badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL mengenai insiden mengerikan itu pada perempat final pekan lalu.

"Federasi Sepak Bola Chile telah diberi tahu soal larangan tiga pertandingan untuk Gonzalo Jara oleh komite disiplin CONMEBOL," kata Federasi Sepak Bola Chile. "Kami menyesalkan sanksi ini namun kami menerimanya."

Larangan ini membuat Jara absen pada semifinal melawan Peru Selasa pagi esok, selain juga partai final jika timnya lolos.

CONMEBOL memperkarakan insiden tercela itu setelah menerima keluhan resmi mengenai prilaku sang pemain dari ofisial Uruguay.

Namun pelatih Chile Jorge Sampaoli mengkritik hukuman ini dengan menyebutnya sebagai preseden buruk.

"Jika Anda mulai bertindak atas tuduhan di luar laporan wasit, maka segalanya akan sangat buruk," kata Sampaoli.

Perbuatan tercela Jara itu memicu gelombang kejijikan dan kutukan atas prilaku ganjilnya terhadap Cavani, yang dikeluarkan karena menerima kartu kuning kedua.

Dari sudut lain tayangan televisi dan foto mengenai insiden itu Jara terlihat mengorekkan jarinya ke bagian dalam bokong Cavani.

Ini kali kedua insiden menimpa Jara dan Uruguay. Pada 2013, striker Uruguay Luis Suarez meninju dia setelah pemain Chile ini menarik (maaf) buah zakarnya pada kualifikasi Piala Dunia.

Sanksi terhadap Jara ini membuat Sampaoli linglung karena dengan begitu dia harus menurunkan bek tengah yang belum teruji saat melawan Peru di Santiago esok Selasa.

Jara bermain efektif bersama pemain Inter Milan Gary Medel di jantung pertahanan Chile, namun kini posisinya akan diisi antara Francisco Silva, Miiko Albornoz atau Jose Rojas.

Pelatih Peru Ricardo Gareca menepis pengaruh ketidakhadiran Jara pada calon lawannya itu. "Saya kira itu akan berpengaruh banyak kepada mereka," kata Gareca seperti dikutip AFP.

Tidak ada komentar: