DAFTAR BERITA

Sabtu, 04 April 2015

Pembangunan Jalan dan Jembatan di Subuhuan Tuntas

Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, saat meninjau pembangunan Jembatan Aek Bulusonik di Sibuhuan Ujung Batu, Kabupaten Padanglawas, kemarin.

INFO TABAGSEL.com-Jalan dan jembatan yang dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) senilai Rp16 miliar di Sibuhuan, Ibu Kota Kabupaten Padanglawas (Palas), tuntas dikerjakan.

Masyarakat Sibuhuan mengaku aktivitasnya terbantu setelah rampungnya jalan dan sejumlah jembatan baru yang dibangun Pemprov Sumut. Dengan kondisi fasilitas umum yang sudah baik, masyarakat saat ini lebih dipermudah dalam melaksanakan kegiatannya. Sebelumnya, Jembatan Aek Bulusonik di Sibuhuan Ujung Batu hanya satu jalur.

Setelah pembangunan jembatan baru di sebelahnya selesai, maka arus lalu lintas semakin lancar. “Aktivitas kami semakin lancar. Terima kasih buat Pak Gubsu yang sudah mau datang melihat kondisi jalan dan jembatan di sini. Kalau bisa, jalanjalan di sini semuanya bagus, jangan ada lagi yang rusak,” kata warga Sibuhuan, Rasyid Daulay, 43, Jumat (3/4).

Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, telah meninjau lokasi jalan dan Jembatan Aek Bulusonik di Sibuhuan Ujung Batu, Jumat (3/4). Jembatan itu diharapkan memberikan nilai tambah bagi Kabupaten Palas. Sementara Kepala Dinas Bina Marga, Armand Effendi Pohan, menyatakan, ruas Jalan Sibuhuan Ujung Batu dikerjakan PT Dalihan Natolu Group dengan biaya lebih kurang Rp11 miliar.

Jalan tersebut memiliki dua jalur panjang efektif 1,4 km, dengan lebar 12 meter, beraspal hotmix dengan ketebalan 10 cm. “Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014. Sudah 100% disiapkan untuk dikerjakan pemkab,” ujarnya.

Effendi Pohan juga menjelaskan mengenai pembangunan Jembatan Aek Bulusonik sepanjang 20 meter dan jembatan baru yang membutuhkan anggaran sekitar Rp5 miliar. Dananya juga bersumber dari APBD 2014, dan pembangunannya dikerjakan PT Putra Elkhoir.

Proyek tersebut sudah mulai dikerjakan sejak Mei 2014, dan selesai pada November 2014. “Rencana awal dikerjakan 180 hari, dan pengerjaannya lebih cepat dari yang ditargetkan,” tuturnya.