DAFTAR BERITA

Sabtu, 25 April 2015

Naskah soal UN SMP Sumut didistribusikan Senin


INFO TABAGSEL.com-Naskah soal beserta Lembaran Jawaban Ujian Nasional (LJUN) 2015, SMP/MTs, SMPLB dan pendidikan kesetaraan program paket B/Wustha di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) didistribusikan pada hari Senin 27 April hingga Sabtu 2 Mei untuk 33 kabupaten/kota di daerah tersebut.

Koordinator UN Sumut, Agust Sinaga di Medan, Sabtu, mengatakan pendistribusian naskah UN tersebut mendapat pengawalan ekstra ketat dari aparat kepolisian dan petugas Dinas Pendidikan Provinsi Sumut.

Pendistribusian naskah UN itu, menurut dia, dilaksanakan selama sepekan, karena ada beberapa kabupaten di Sumut yang cukup jauh dan terpencil, yakni kabupaten di Kepulauan Nias, serta Kabupaten Mandaling Natal (Madina).

"Jadi, pengiriman naskah soal UN SMP dan sederajat itu, dilakukan secara bertahap dan ekstra hati-hati untuk menjaga agar dokumen negara tersebut tidak mengalami kerusakan," ujar Agust.

Dia menyebutkan, naksah UN SMP yang akan dibagikan itu, saat ini disimpan di sebuah gudang di Jalan Raya Medan Batangkuis Km 14, Kabupaten Deli Serdang.

Naskah soal UN SMP tersebut dikirimkan pihak Percetakan PT Cerya Riau Mandiri Printing, Pekanbaru selaku pemenang tender kepada Disdik Sumut, Sabtu (18/4) malam dengan pengawalan dari petugas kepolisian.

Agust menjelaskan, pelaksanaan UN SMP itu, akan dilaksanakan secara serentak di tanah air, yakni mulai 4-7 Mei 2015.Dan UN tersebut dengan empat mata pelajaran, antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Seluruh SMP sederajat di Sumut sudah siap untuk mengikuti pelakanaan UN tahun 2015 ini," katanya.

Data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, jumlah peserta UN SMP dan sederajat tercatat sebanyak 272.198 siswa dan 3.420 sekolah yang berada di kabupaten/kota di daerah tersebut.

Dari jumlah 272.198 siswa itu, yakni jenjang SMP diikuti 210.655 siswa, SMP Terbuka 1.093 siswa, SMPLB 77 siswa, paket B/Wustha 3.063 orang, dan MTs sebanyak 57.310 siswa yang berasal dari 938 sekolah di Sumut.