DAFTAR BERITA

Kamis, 23 April 2015

DPR apresiasi jokowi atas penyelenggaraan KAA

Ketua DPR Setya Novanto


INFO TABAGSEL.com-Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan apresiasi khusus kepada Presiden Jokowi atas prakarsa penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Jakarta dan Bandung.

"Saya secara khusus mengapresiasi Presiden RI Jokowi atas prakarsa menyelenggarakan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika dengan tema Penguatan Kerja sama Selatan-Selatan," kata Setya Novanto dalam sambutannya di acara Konferensi Parlemen Asia Afrika, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, KAA ke-60 dapat menjadi upaya dalam mencari solusi atas masalah dunia yang kian kompleks dan membutuhkan kerja sama konkret dengan target nyata.

Kemitraan strategis baru Asia Afrika, kata dia, harus terus diperkuat untuk bisa melangkah maju sesuai keinginan nyata, sehingga KAA ke-60 memiliki makna dan tujuan untuk memperbaiki masa depan lebih damai dan sejahtera bagi negara dan rakyat kedua benua.

Lebih jauh, Setya mengatakan parlemen memiliki tugas penting dalam diplomasi internasional, sehingga perlu dibangun komunikasi efektif antarparlemen untuk membangun peran parlemen dalam memajukan demokrasi.

Oleh karena itu, seiring dengan penyelenggaraan KAA ke-60, DPR RI juga turut mendukung pembentukan Forum Parlemen Dunia untuk Demokrasi, sebagai upaya memajukan demokrasi di dunia.

Forum KPAA secara resmi telah dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Forum ini dihadiri para perwakilan negara-negara sahabat, pimpinan parlemen negara-negara Asia Afrika, duta besar negara sahabat, diplomat dan tamu negara lainnya.