DAFTAR BERITA

Jumat, 10 April 2015

349 Karton Naskah UN Padangsidimpuan Dikawal Polisi

Distribusi Naskah Soal UN tiba di Dinas Pendidikan Kota Psp, Kamis (9/4). (Foto:Metrosiantar/Budi)


INFO TABAGSEL.com-Sebanyak 349 karton yang berisi Naskah Soal Ujian Nasional (UN) SMA, SMK, MA dan Paket C tiba di Dinas Pendidikan Kota Psp, Kamis (9/4) sekitar pukul 14.00 WIB.

Distribusi naskah soal UN yang diangkut mobil Cold Diesel bernopol BK9170CJ tiba di daerah Kota Psp dikawal ketat petugas kepolisian dan diikuti pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Setibanya di Kantor Disdik Kota Psp, jajaran petugas kepolisian langsung membuka pintu bak belakang yang berisi dokumen Negara (naskah soal UN). Kemudian, pegawai dari Disdik Kota Psp satu-persatu menurunkan Karton Naskah Soal UN sebelum di distribusikan ke rayon-rayon sekolah.

“Iya, distribusi UN duluan ke Tapsel, makanya agak siang tiba naskah ke Disdik,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Psp H M Luthfi Siregar SH MM melalui Plt Kabid Dikdas Zufri Tarihoran.

Zufri menjelaskan, sesuai dengan jumlah yang diterima dan berita acara serah terima naskah soal UN antara pegawai Dinas Pendidikan Provsu dengan Disdik Kota Psp total keseluruhan karton sebanyak 349 yang berisi seluruh naskah peserta UN tingkat SLTA sederajat termasuk Paket C.

Dengan rincian, naskah soal UN SMA jurusan IPA sebanyak 114 kotak, IPS 132 kotak, SMK 51 kotak dan paket C 21 kotak. Selain itu terdapat juga naskah soal susulan SMA jurusan IPA 6 kotak, IPS 6 kotak, SMK 3 kotak dan paket C 7 kotak. Serta kaset CD SMA 2 kotak dan susulan 2 kotak, SMK 2 kotak dengan susulan 2 kotak.

“Karton naskah soal ini akan diperiksa ulang bersama dengan seluruh petugas, baik petugas kepolsian maupun perwakilan dari Dinas Pemprovsu dan Disdik daerah sebelum didistribusikan ke rayon-rayon,” tuturnya.

Usai melakukan pemeriksaan ulang naskah soal, kata Zufri, kemudian naskah soal akan didistribusikan ke 6 sekolah yang merupakan tempat penyimpanan naskah, yaitu SMAN 1, SMAN 3, SMAN 6, MAN 2, SMKN 1 dan SMKN 2.

“Mulai dari penerimaan hingga pendistribusian soal ke tempat penyimpanan akan dikawal pihak kepolisian. Dan tempat penyimpanan soal akan terus dijaga oleh petugas kepolisian selama proses UN berlangsung,” tuturnya. Terkait dengan kekurangan dan kesalahan cetak naskah soal UN, pihak Disdik Kota Psp belum dapat memastikan sebelum hari pelaksanaan UN berlangsung. “Belum dapat kita pastikan sebelum dibuka, nanti akan diketahui langsung apakah ada kekurangan atau kerusakan naskah,” jelasnya.(MS)