DAFTAR BERITA

Jumat, 20 Februari 2015

Wartawan Berperan Penting dalam Pembangunan

Kakan Kemenag Tapsel Syarifuddin Siregar berdialog dengan sejumlah  wartawan di ruang kerjanya Kantor Kemenag Tapsel, Jalan Kenanga Kota Padangsidimpuan, Senin (16/2).(Foto:Analisa/hairul iman hasibuan)


Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka­kan Kemenag) Ta­panuli Selatan Sya­rifuddin Siregar mengatakan, peran wartawan sangat penting dalam memacu pem­bangunan sebuah daerah.

"Tanpa peran wartawan, mustahil pem­bangunan dalam berjalan baik," ujarnya da­lam acara silaturahmi dengan se­jumlah insan media di ruang kerjanya, Kantor Ke­menag Tapsel, Jalan Kenanga Kota Padang­sidim­puan, Senin (16/2).

Diungkapkannya, sebelum menjabat Kakan Kemenag, sudah lama bergaul dengan wartawan. "Pertemuan ini seperti reuni de­ngan sahabat-sahabat yang sudah lama tidak bersua," katanya.

Diharapkannya, rekan-rekan media dapat mendukung pro­gram kerja Kemenag Tapsel dalam upaya percepatan pem­bangunan daerah. "Bukan hanya dukungan yang kami harapkan namun juga kritik membangun dari rekan-rekan media, "ujar­nya.

Sya­rifuddin Siregar juga men­ceritakan karirnya di Kemenag Tapsel yang berawal dari petugas kebersihan dan jaga malam. "Tidak satupun pegawai yang tidak menyuruh saya beli ini, bersihkan itu dulu, maka banyak kenangan manis yang tidak bisa saya lupakan di kantor ini," ungkapnya.

Kepala Tata Usaha (KTU) Kementerian Agama Tapsel Drs Ihwan Nasution mengung­kap­kan, sejak memimpin tiga bulan lalu, banyak perubahan yang terjadi di Kemenag Tapsel seperti disiplin pegawai yang mencapai 99 persen.

"Volume kerja lebih banyak tercapai, kor­dinasi lintas sektoral atau hubungan dengan peme­rintah daerah lebih meningkat, " katanya.

Mewakili unsur wartawan Syarifuddin Nasution meng­ucapkan, apresiasi dan sa­lut atas inisiatif Kakan Kemenag Tapsel men­jalin komunikasi dengan kalangan jurnalis.

"Sikap itu, patut diapresiasi ditengah tinggi­­nya kecurigaan (apriori) kalangan peja­bat ke­pada wartawan, " katanya.

Lebih lanjut Syarifuddin mengatakan, pihaknya akan memberikan kontribusi po­sitif dalam mengawal kepemimpinan Sya­rifuddin Siregar di Kemenag Tapsel. "Kita akan kawal, tentunya sesuai tujuan fungsi pers yang di­amanahkan UU No 40 tahun 1999," katanya.

Hal senada dikatakan Ikhwan Nasution yang mengaku, baru kali ini melihat sosok pejabat yang terbuka dan mau membuka komunikasi dengan insan pers.

Turut dalam rombongan wartawan, Hairul Iman Hasi­buan, Mohot Lubis, Riswandy, serta Ziaul Haq dan Borneo Dongoran. Hadir dalam acara itu, para kepala seksi dan KTU Kemenag Tapsel.