DAFTAR BERITA

Jumat, 03 Oktober 2014

Surabaya Gelar Tes CPNS 6 – 11 Oktober

 INFO TABAGSEL.com-Pemkot Surabaya akan elaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk 5.267 plamar di aula SMKN 5 Surabaya pada tanggal 6-11 Oktober 2014. Tes tersebut merupakan fase krusial yang harus dilalui setelah sebelumnya sudah melewati tahapan pendaftaran dan verifikasi. formasi umum tahun 2014.
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya, Mia Santi Dewi menuturkan, mulanya pelamar CPNS yang mendaftar melalui website panselnas untuk Pemkot Surabaya sebanyak 9.301 orang. Dari jumlah tersebut, yang datang untuk pemberkasan sebanyak 6.247 orang, namun 980 di antaranya dinyatakan tidak lulus administrasi.
 
Menurut Mia, kebanyakan penyebab gugurnya 980 orang tersebut dikarenakan ijazah atau disiplin ilmu tidak sesuai dengan posisi yang dilamar. “Jadi 5.267 itu jumlahnya sudah fix karena sudah melalui proses sinkronisasi data dari panselnas,” katanya di Surabaya, Kamis (2/10).
 
Untuk TKD ini, Pemkot Surabaya men-support 220 unit komputer, dengan rincian 200 komputer akan digunakan untuk tes dan 20 lainnya disiapkan sebagai cadangan. Setiap hari akan ada lima sesi, masing-masing 200 peserta tes, sehingga setiap hari sebanyak 1.000 orang akan mengikuti TKD.
 
Untuk mengawasi pelaksanaan tes, Pansel CPNS Pemkot Surabaya memasang CCTV di tujuh titik, baik di ruang tes maupun ruang registrasi. Selain untuk alasan keamanan, pemasangan CCTV ini guna menjamin tes berjalan secara transparan, karena setiap gerak-gerik peserta akan dapat dilihat di layar yang disediakan di luar ruang tes. “Para pengantar bisa melihat suasana yang ada di dalam tanpa harus mengganggu para peserta tes,” imbuh Mia.
 
Dengan metode CAT ini, hasil tes akan langsung terkoneksi dengan server secara realtime sehingga nilai bisa diketahui peserta. Tak hanya itu, perolehan nilai bisa langsung dipantau karena setiap selesai sesi, hasil tes akan dipampang di layar di luar tempat ruangan tes. “Peserta dapat melihat dan mencatat nilai masing-masing begitu mereka selesai mengerjakan soal,” ungkap dia.
 
Mantan Kabid Mutasi BKD Surabaya ini wanti-wanti semua pihak agar tidak mudah percaya terhadap oknum yang menawarkan jalan pintas dengan membayar sejumlah uang. Pasalnya, seluruh rangkaian seleksi CPNS ini tidak dipungut biaya, bebas KKN dan transparan. Peserta yang terbukti melakukan tindakan curang dipastikan akan langsung gugur.
Terkait TKD, materi yang diujikan meliputi tiga unsur, yakni wawasan kebangsaan, intelegensi/pengetahuan umum dan karakteristik pribadi. Para peserta akan mengerjakan semua soal dengan metode CAT (computer assisted test). Dalam proses pengerjaan soal, peserta tidak perlu membawa alat tulis karena soal dan jawaban seluruhnya tertera dan dikerjakan dengan komputer.

Tidak ada komentar: