DAFTAR BERITA

Senin, 27 Oktober 2014

Jokowi Lantik Menteri dengan Mengenakan Batik


INFO TABAGSEL.com- Pelantikan menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK tampak berbeda dibandingkan pelantikan menteri di era pemerintahan sebelumnya. 

Pada masa pemerintahan sebelumnya, para menteri laki-laki umumnya mengenakan jas hitam dan dasi saat pelantikan. Sedangkan para menteri perempuan dan juga para istri menteri mengenakan kebaya dan bersanggul.

Namun jas, dasi, dan kebaya hampir tak terlihat dalam pelantikan menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK. Dari 8 menteri perempuan di Kabinet Kerja, hanya terlihat 1 orang yang terlihat mengenakan kebaya dan  bersanggul.   

Para menteri kompak menggunakan kemeja batik dengan dasar warna coklat. Untuk menteri perempuan, semuanya juga mengenakan batik dan dengan tatanan rambut biasa seperti yang terlihat sehari-hari. 

Bahkan mantan presiden Megawati Soekarnoputri yang selalu terlihat mengenakan kebaya, selendang, dan bersanggul saat menghadiri acara resmi di Istana Kepresidenan, pada pelantikan hari ini mengenakan batik coklat dengan tatanan rambut seperti seperti sehari-hari. 

Menurut politisi PKB Marwan Jafar, perintah untuk mengenakan batik datang langsung dari Presiden Jokowi. "Memang diminta pakai batik, diminta warna dasarnya cokelat," kata Marwan yang ditunjuk menjadi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Tak hanya para menteri yang mengenakan batik, Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla juga mengenakan batik dengan warna dasar cokelat. Tamu-tamu kehormatan seperti ketua MPR dan pimpinan DPR lainnya juga mengenakan kemeja batik.