DAFTAR BERITA

Senin, 01 September 2014

5 Orang Penambang Emas di Mandailing Natal Tewas

INFO TABAGSEL.com-Sebanyak 5 orang penambang tewas dan seorang lainnya harus dirawat karena menghirup gas beracun di tambang tradisional di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut). Polisi masih menyelidiki penyebab kejadian ini.

Musibah itu terjadi di Tambang Arai, salah satu tambang emas tradisional yang berada di Dusun Tambang Udi, Desa Aek Botung, Kecamatan Muara Sipongi. Para korban merupakan warga setempat, yakni Buan (40), Adek (20), Damis (30), Cewin (33) dan Idris (31).

Para korban tewas tersebut dimakamkan Selasa (2/9/2014). Sementara korban yang selamat masih dirawat di Puskesmas Kotanopan, yakni Suwandi (22).

Keterangan yang diperoleh dari Kapolres Mandailing Natal AKBP Mardiaz K. Dwihananto menyebutkan, musibah itu terjadi pada Senin (1/9) sekitar pukul 17.00 WIB. Bermula ketika kelima korban menemukan lubang tambang eks zaman Belanda yang kabarnya bekas tempat pengumpulan emas.

"Saat korban mengecek lubang, ternyata lubang tersebut mengeluarkan gas beracun," kata Mardiaz kepada media di Mandailing Natal pada Selasa malam.

Para korban yang berada di depan langsung lemas dan yang seorang lagi melihat kawan-kawannya lemas, langsung balik kanan menyelamatkan diri. Upaya evakuasi korban dilakukan segera dilakukan warga, namun para korban ditemukan sudah meninggal dunia.

Terkait kejadian ini, polisi segera melakukan penyelidikan. Petugas di lapangan masih melakukan pengecekan dan meminta keterangan saksi-saksi.

Tidak ada komentar: