DAFTAR BERITA

Kamis, 26 Juni 2014

Pemkab Paluta Sosialisasi Dana Bansos

INFO TABAGSEL.com-Pemerintah Kabupaten Pa­dang Lawas Utara (Paluta) melalui Bagian Sosial Setdakab Paluta menggelar sosialisasi bantuan sosial (bansos) dan hibah tahun anggaran 2014, di Aula Hotel Mitra Indah, Jalan Sisinga­mangaraja, Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Selasa (24/6).

Acara sosialisasi dibuka Plt Sekdakab Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak Msi dan diikuti oleh beberapa pimpinan pondok pesantren, ormas, guru mengaji, bilal mayit dan tokoh masyarakat yang datang dari 4 Kecamatan yakni Padang Bolak, Padang Bolak Julu, Halongonan dan Portibi.

Bertindak sebagai nara­sumber yakni Mahmudin Ha­rahap dari Inspektorat Paluta bersama dengan Asrida Sinaga dari Dinas PPKAD Paluta yang memberikan pema­paran tentang tata cara penyaluran dana hibah dan bansos sesuai dengan Permen­dagri nomor 39 Tahun 2012 serta dasar hu­kum yang mengatur hibah, bansos dan ban­tuan keuangan.

Plt Sekdakab Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak Msi dalam sambutannya menyampaikan sosialisasi bansos dan hibah ini dinilai sangat penting bagi masyarakat agar lebih me­mahami apa arti dan tujuan dari dana hibah dan bansos supaya tidak terjadi kesalah pahaman dalam menyalurkannya.

Ia menambahkan dengan diadakannya sosialisasi bansos dan hibah ini diharapkan ma­syarakat dapat lebih mengerti tata cara serta persyaratan untuk menerima bansos ke depannya.

Sementara Kepala Bagian Sosial pada Setdakab Paluta M Ali Hasibuan mengata­kan sosia­lisasi ini bertujuan untuk mem­berikan pemahaman kepada masyarakat tentang mekanisme penyaluran dana bansos dan hibah serta kelengkapan doku­men permintaan untuk pencairan dana hibah dan bansos agar tidak terjadi kesalahan dalam penya­lurannya.

”Supaya masyarakat lebih tahu meka­nisme penyaluran dan dokumen yang dibu­tuh­kan untuk pencairan dana hibah dan ban­sos agar nantinya tidak tumpang tindih dan terjadi kesalahan yang tidak diingin­kan,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan sosia­lisasi ini diha­rap­kan penyaluran dana bansos dan hibah akan lebih ter­koordinir dan teratur serta berjalan sesuai dengan peraturan yang telah diatur pemerintah. Tahun ini, Pemkab Paluta mengang­garkan 300 juta yang diperuntukkan untuk guru-guru mengaji yang ada diwilayah Paluta dalam rangka men­dukung visi misi Bupati Paluta mewujudkan Masyarakat Beri­man, Cerdas, dan Beradat.(Analisa)

Tidak ada komentar: