DAFTAR BERITA

Sabtu, 03 Mei 2014

PM Abbott batalkan kunjungan ke Indonesia

Pihak oposisi menyebutkan kunjungan dibatalkan setelah AL Australia mencegat kapal pencari suaka.

INFO TABAGSEL.com-Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, secara mendadak membatalkan kunjungan ke Indonesia di tengah laporan kebijakan kontroversi tentang migran ilegal menyebabkan friksi.

Abbott mengatakan perubahan rencana itu karena persiapan penyusunan anggaran yang dilakukan pemerintahannya. 


Namun wartawan BBC di Australia, Phil Mercer mengutip sejumlah kritikus yang menyebutkan Angkatan Laut Australia kembali mencegat kapal pencari suaka yang kembali didorong balik ke Indonesia.

Mercer melaporkan pihak oposisi mengatakan Abbott membatalkan kunjungan daripada harus menghadapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemerintah Indonesia mengatakan mendorong kembali kapal pencari suaka masuk ke perairan Indonesia melanggar kedaulatan.
Kapten AL dicopot

Hubungan antara Indonesia dan Ausralia terganggu menyusul tuduhan tahun lalu bahwa Australia menyadap telepon Presiden Yudhoyono.

Rencana kunjungan Abbott itu sedianya merupakan lawatan pertama ke Indonesia sejak peristiwa tuduhan penyadapan telepon itu.

Rencananya Abbott akan menghadiri undangan presiden untuk konperensi Open Government Partnership di Bali hari Selasa depan.

"Sayangnya perdana menteri tidak dapat menghadiri acara itu kali ini dan berharap dapat berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan presiden pada saat yang tepat," kata juru bicara Abbott kepada kantor berita AFP.

Bulan lalu, Klik Kapten Angkatan Laut Australia dicopot dari jabatannya dan enam perwira lain ditindak karena melanggar batas perairan Indonesia saat menghadang kapal pencari suaka.

Tidak ada komentar: