DAFTAR BERITA

Sabtu, 21 Desember 2013

BNN Padangsidimpuan akan Dibentuk

BERTEMU- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara saat bertemu dengan Walikota Padangsidimpuan.(Foto:metrosiantar.com)


INFO TABAGSEL.com-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut) berharap Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan (Psp) segera membentuk BNN Kota Psp dengan mempersiapkan berbagai persaratan yang dibutuhkan untuk diusulkan pembentukannya tahun yang akan datang.

Apalagi Kota Psp tergolong tinggi peredaran dan penyalahgunaan narkotikanya di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Hal itu terungkap dalam pertemuan Kepala BNNP Sumut Kombes Pol Rudy Tranggono dengan Walikota Psp Andar Amin Harahap di ruang kerja Walikota, Senin (16/12). “Sampai tahun ini, Kota Psp belum memiliki lembaga vertikal BNN. Kita sangat berharap, tahun depan Kota Psp sudah memilikinya dan mulai saat ini segala persaratan harus dilengkapi untuk kita usulkan ke BNN pusat,” kata Rudy.

Kombes Pol Rudy Tranggono yang juga didampingi Kepala BNNK Tapsel Drs H Bahori Harahap juga menjelaskan, mekanisme pembentukan BNNK Psp, sekaligus sosialisasi Inpres No. 12 tahun 2011 tentang kebijakan dan strategi nasional dalam pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kita mengharapkan, untuik pembentukan BNNK ini, Pemko Psp agar terlebih dahulu melaksanakan Inpres dan melaporkan segala bentuk kesiapan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dihimpun melalui SKPD terkait, yang selanjutnya dilaporkan ke BNN Pusat, “ terang Rudi.

Rudi menambahkan, demi membantu pihaknya dalam memberantas peredaran dan penyalagunaan narkotika di kota Psp, untuk tahun 2014 BNNK Psp dapat segera terbentuk. Kesiapan pemerintah dan ketersediaan lahan menjadi faktor pendukung utama. Sebab, pembentukan BNNK sesuai dengan Inpres No 12 tahun 2011.

“Perlu sinergitas antara BNNP Sumut dengan Pemko Psp, sehingga pertemuan ini ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan, yang sudah ditetapkan dalam rencana strategi nasional penanggulangan narkotika. Kerjasama yang dijalin termasuk dalam upaya mensterilkan instansi pemerintah dari penyalah gunaan narkotika. Untuk mewujudkan isntansi pemerintah yang bersih dan berwibawa dan terbebas dari narkotika,” harapnya.

Kepala BNNK Tapsel Drs Bahori Harahap menambahkan, pihaknya dari BNNK Tapsel siap membantu Pemko Psp dalam percepatan pembentukan BNNK tersebut. “Sebagai perbandingan, kita siap untuk membantu pihak Pemko Psp agar BNNK Psp terbentuk secepatnya, “ terang Bahori.

Sementara itu Walikota Psp Andar Amin Harahap, didampingi Wakil Walikota Mhd Isnandar Nasution dan sejumlah pimpinan SKPD, menyambut baik kedatangan Kepala BNNP Sumut bersama sejumlah stafnya.

“Kedatangan Kepala BNNP Sumut ini dalam rangka pembentukan strukturisasi BNN Kota Psp, sehingga tahun 2014 Pemko Psp mendapat jatah dari Menpan untuk pembentukan BNNK. Tapi kita upayakan tahun depan bisa kita usulkan pembentukan BNNK ini,” ungkap Andar Amin.

Menurutnya, perlu menyikapi hal itu untuk bisa meminimalisir dan menyampaikan kepada masyarakat, bahwa pembinaan-pembinaan yang dilakukan juga untuk mencegah bahaya narkoba, dan harus dilakukan secara bersama. “Banyak sendi-sendi yang bisa dimanfaatkan orang-orang yang ingin merusak generasi muda. Jadi marilah kita bersama-sama mengatasinya, untuk tindakan pencegahan ini bisa kita lakukan. Dukung Program P4GN, saling memberikan informasi akan sangat membantu. Tapi kalau kesiapan dan kebersamaan kita tidak ada, maka apapun yang kita miliki akan percuma,“ ujarnya.(Metrosiantar.com)

Tidak ada komentar: