DAFTAR BERITA

Selasa, 05 November 2013

Bidan Tangguh dari Tapsel NOMINATOR " Pahlawan untuk Indonesia 2013 "



INFO TABAGSEL.com-Sujiah (28),Bidan Tangguh dari Sihuik-kuik, Tapanuli Selatan, Sumut lolos 14 besar kandidat MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2013.

Seleksi administrasi awal yang mulai dilakukan 22 Agustus 2013 yang menghasilkan 314 pendaftar yang layak untuk diproses. Dari sejumlah itu 128 di antaranya dinyatakan memenuhi syarat. Hingga tahap ini didapat 14 kandidat MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2013.

Juri internal yang terdiri dari jajaran Direksi MNCTV kemudian mengerucutkan 128 pendaftar yang lolos seleksi administrasi menjadi 50 bakal calon, yang harus melewati babak penjurian selanjutnya. Pada penjurian yang dilaksanakan 30 Agustus 2013, terpilih 27 kandidat MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2013.

Penjurian selanjutnya pada 17 Oktober 2013, MNCTV melibatkan juri eksternal yang berkolaborasi dengan juri internal MNCTV menilai 27 kandidat pahlawan, dan akhirnya memilih 14 kandidat untuk mengikuti penjurian di Jakarta.



Profil Sujiah (28), Bidang Kesehatan, Sihuik-kuik, Tapanuli Selatan, Sumut


Bekerja di daerah terpencil dengan segala keterbatasan, menempa Sujiah menjadi pribadi yang keras dan mandiri. Bidan Suci, demikian ia akrab dipanggil, harus siap selama 24 jam untuk menolong warga yang sakit. Kesibukan Suci sering menyita waktunya bersama suami dan keluarga. Wilayah yang luas tanpa sarana transportasi yang memadai harus ia hadapi setiap hari. Bukan hanya itu, hambatan lain adalah penolakan dari masyarakat yang lebih menerima pengobatan tradisional. Suci secara khusus juga harus mengunjungi desa-desa yang dihuni pendatang dari Pulau Nias, karena sebagian besar warganya menderita TBC. Ia tidak selalu dibayar atas jasanya mengobati orang sakit, dan tidak jarang justru ia yang memberikan uang membantu warga yang miskin.

 

Tidak ada komentar: