DAFTAR BERITA

Minggu, 08 September 2013

Pemerintah:Miss World 2013 Boleh Diselenggarakan di Bali


INFO TABAGSEL.com-Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono menyatakan dukungannya atas pelaksanaan ajang Miss World 2013 di Indonesia. Tetapi, pemerintah meminta kontes kecantikan itu cuma boleh digelar di Pulau Bali.

"Miss World 2013 hanya akan diadakan di Pulau Bali. Mulai dari pembukaan sampai penutupan," kata Menko Kesra Agung Laksono dalam konferensi pers yang didampingi oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, usai menggelar rapat koordinasi dengan Wakil Presiden Boediono di rumah dinas Wakil Presiden Boediono, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9) sore.

Sebagaimana diketahui, semula panitia pelaksana bermaksud menyelenggarakan ajang Miss World 2013 di Bali, Jakarta, dan puncaknya di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun muncul berbagai penolakan dari sejumlah elemen masyarakat yang menganggap ajang ini tidak memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia. Atas adanya pro dan kontra itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar berharap, penutupan ajang Miss World 2013 tidak dilaksanakan di wilayah Sentul, Jabar.

Meski dipusatkan di Bali, menurut Menko Kesra Agung Laksono, jika ada peserta Miss World ada yang ingin berkunjung ke obyek wisata lain di luar Pulau Bali, pemerintah tidak melarang."Kalau mereka mau berkunjung ke obyek wisata seperti Candi Borobudur tidak masalah. Mereka akan dianggap sebagai turis," ujar Agung.

Terkait dengan keputusan rapat di rumah kediaman Wakil Presiden itu, menurut Menko Kesra Agung Laksono, demi kelancaran penyelenggaraan ajang Miss World 2013, pemerintah akan melakukan revisi terhadap izin keramaian yang sudah dikeluarkan.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, mengatakan, pihaknya sudah siap dengan segala pengamanan kontes kecantikan itu. "Untuk pengamanan akan dilaksanakan oleh polda setempat, dibantu seluruh unsur dan disesuaikan," kata Timur.

Budaya Indonesia

Secara terpisah Managing Director MNC, Nana Putra, dalam keterangan persnya mengatakan, ajang Miss World 2013 diikuti 129 peserta. Ajang ini akan menampilkan banyak hal terkait budaya Indonesia sehingga diharapkan masyarakat dunia mengenal lebih dalam kebudayaan Tanah Air.

"Kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia mampu menunjukkan hal positif seperti keindahan alam, orangnya yang ramah dan kami mampu menyelenggarakan 'event' ini dengan kualitas produksi besar," kata Nana dalam keterangan pers di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (7/9).

Selama masa karantina di Pulau Dewata, wanita cantik dari seluruh dunia itu diperkenalkan dengan budaya Indonesia seperti tari-tarian, pakaian tradisional, makanan, hingga mengunjungi sejumlah objek wisata.

Unsur budaya Indonesia juga akan ditampilkan para kontestan dengan tarian kipas yang terbuat dari cendana, serta mengenakan busana khas karya para perancang busana Tanah Air.
"Kami sertakan perancang busana Indonesia. Masing-masing kontestan mengenakan hasil karya para 'designer' yang tidak kalah dengan perancang busana dunia," ungkap Nana. (Humas Kemenko Kesra/ANT/ES)

Tidak ada komentar: