INFO TABAGSEL.com-Silakan memberi  gizi kepada otak dengan asupan memesona laga bola, salah satunya dari laga persahabatan Chelsea kontra Internazionale Milan.

Otak yang tidak memberi makan dirinya akan memakan dirinya sendiri, kata pemikir Gore Vidal.

Pakailah otak sekata dengan denyut hati ketika nonton aksi yahud dari Chelsea melawan Inter Milan yang digelar di Stadion Lucas Oil, Indinanapolis, Amerika Serikat, pada Jumat pukul 07.00 WIB.

Duel dua klub elite dari daratan benua Biru itu ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta nasional.

Otak dengan jernih memilah dan menemukan racikan taktik dari Jose Mourinho di kubu Chelsea dan dari Walter Mazzarri membuahkan kemenangan atau justru kekalahan.

Dipandu kerja otak, "The Blues" sudah menjaringkan 13 gol dari tiga laga pramusim ke Asia, sementara Nerazzurri baru menjebol gol semata wayang ketika melawan Hamburger SV.

Otak memungkinkan manusia mengerti atau memahami. Otak pelatih menabur benih-benih inspirasi kepada para pemain agar anak asuhannya mengerti dan bersedia bertindak di lapangan.

Naga-naganya, kerja otak dalam cipta, rasa, karsa belum mewujud dalam penampilan pasukan Mazzarri. Inter kebobolan 57 gol dari 38 laga, jadi rata-rata 1,5 gol per laga.

Baik Mourinho maupun Mazzarri sama-sama berjuang mendapatkan racikan taktik "serba anyar" dengan bernalar menemukan kekuatan dan kelemahan lawan, kemudian menerapkan taktik jitu bagi timnya.

Chelsea kontra Inter Milan menawarkan inspirasi kepada penyuka bola sedunia akan sisi mujarab dari kecepatan, ketangguhan dan keteguhan hasrat untuk meraih kemenangan.

Sebagai pelatih kenyang pengalaman, Mourinho yang berjuluk The Special One dan Mazzarri paham bahwa kemenangan didapat dari skuad yang punya naluri, ingatan, imajinasi, akal, budi, ide, dan cinta. Inti dari cakrawala sukses laga yakni imajinasi, ide, dan cinta.

Berbekal imajinasi, ide, dan cinta itulah Mazzarri hendak membenahi lini pertahanan dan menambah energi di lini depan.

Ia kerapkali memainkan tiga bek, meski kerapkali masih merasa perlu menempatkan satu gelandang bertahan saat lawan melancarkan tekanan. Selain itu, ia tidak jarang menjajal duet anyar Inter, yakni Ishak Belfodil dan Mauro Icardi.

Dalam sesi latihan petang hari di Lucas Oil Stadium, Mazzarri memfokuskan diri kepada eksekusi pengambilan bola-bola mati. Ia juga memacu kecepatan bereaksi dari anak asuhannya dengan menerapkan game di setengah lapangan.

Sementara, Mourinho dalam sesi latihan membawa "para mahasiswanya" berlatih di lapangan Universitas Katolik Washington. Ia mengomando John Terry cs. untuk mengembangkan kecepatan ketika melawan mantan klub yang pernah ia latih tempo hari.

Setelah mendarat di ibukota Amerika Serikat itu pada pukul 19.00 waktu setempat, para pemain melakoni dua kali sesi latihan. Dalam latihan itu, para punggawa Chelsea dibagi menjadi dua grup.

Enam pemain yang baru saja kembali mengikuti Piala Konfederasi 2013 langsung diminta berlatih pada Minggu. Staf pelatih Chelsea menerapkan porsi latihan kebugaran dan ketepatan melepas tembakan. Mereka juga berlari mengelilingi lapangan dan melakukan latihan peregangan.

Porsi latihan yang diterapkan Mourinho dan Mazzarri itu didasarkan kepada kredo bahwa hanya mereka yang berjiwa sehat, yang mampu menjalani latihan demi latihan dengan penuh imajinasi, penuh ide, dan penuh cinta.

Komentar Mazzari, taktik Mourinho:

Walter Mazzari (Inter Milan):
"Laga ini sungguh pengalaman luar biasa bagi kami. Tempat yang indah, waktu yang berbeda dan kesan selama perjalanan memberi atmosfer baru bagi seluruh anggota skuad."

"Besok kami akan melawan tim yang hebat. Ini pengalaman berharga bagi kami. Senantiasa menarik dan memesona ketika kami bertanding di hadapan para penonton yang demikian antusias. Banyak pemain muda yang masih harus menimba banyak pengalaman bertanding."

"Pertandingan ini menarik bahkan menantang, karena menghadapi tim sekelas Chelsea. Saya ingin mereka berlatih keras mencakup kecepatan dan kebugaran. Saya berharap para pemain terus bergerak dan bergerak, dengan dan tanpa bola. Saya ingin mereka tampil bermain dengan operan bola-bola pendek."

Jose Mourinho (Chelsea):

Mourinho membawa 25 pemain dalam tur-pramusim ke Amerika Serikat, mencakup penjaga gawang Petr Cech, Mark Schwarzer, Henrique Hilário dan Jamal Blackman; dan sejumlah bek, yakni César Azpilicueta, Branislav Ivanović, Ashley Cole, Gary Cahill, John Terry, Ryan Bertrand dan David Luiz.

Skuad ini juga diperkuat oleh barisan gelandang, yakni John Obi Mikel, Michael Essien, Oscar, Ramires, Frank Lampard, Marco van Ginkel, Eden Hazard, Juan Mata, Victor Moses, André Schürrle dan Kevin De Bruyne; serta sejumlah striker Fernando Torres, Demba Ba dan Romelu Lukaku.

Skuad inilah yang meraup kemenangan dalam tur-pramusim di Asia, yang bakal disiapkan melawan Inter Milan.

Prakiraan susunan pemain:

Chelsea FC (4-3-3):
Blackman (penjaga gawang), Wallace, Cahill, Terry, Cole, Ramires, Chalobah, van Ginkel, Moses, Ba, Hazard

Inter Milan (4-4-2):
Handanovic (penjaga gawang), Juan Jesus, Pereira, Pasa, Nagatomo, Cambiasso, Kuzmanovic, Kovacic, Alvarez,  Guarin, Rocchi

Prediksi tiga besar (Goal.com):
* Chelsea FC 3-1 Inter Milan (17,53 persen)
* Chelsea FC 3-0 Inter Milan (12,62 persen)
* Chelsea FC 2-0 Inter Milan (10,75 persen)

Head to Head
UEFA Champions League (UCL)
16 Maret 2010     Chelsea FC 0 - Inter Milan 1   
24 Feb 2010     Inter Milan 2 - Chelsea FC 1   

Laga persahabatan (FR)
22 Jul 2009     Chelsea FC 2 - Inter Milan 0   

Lima laga terakhir:     

Chelsea FC
25 Juli 2013    Indonesia 1 - Chelsea FC 8    FR
21 Juli 2013    Malaysia XI 1 - Chelsea FC 4    FR
17 Juli 2013    Thailand All-Stars 0 - Chelsea FC 1    FR
25 May 2013    Manchester City 5 - Chelsea FC 3    FR
24 May 2013    Chelsea FC 3 - Manchester City 4    FR

Inter Milan
27 Jul 2013    Hamburger SV 1 - Inter Milan 1    FR
22 Jul 2013    Inter Milan 3 - Vicenza 1    FR
19 May 2013    Inter Milan 2 - Udinese 5    ITA1
12 May 2013    Genoa 0 - Inter Milan 0    ITA1
08 May 2013    Inter Milan 1 - Lazio 3    ITA1

Narasi prediksi:
* Mazzari membawa 25 pemain,  mencakup pemain depan Diego Milito dan Rodrigo Palacio (mencetak 12 gol di ajang Serie A), bek dan kapten tim Javier Zanetti dan kiper Samir Handanovič. Pelatih Inter ini benar-benar memperhatikan lini belakang dan lini depan menghadapi Chelsea.
* Mourinho pernah melatih Inter dari 2008 sampai dengan 2010. Pelatih Portugal itu memberi treble pada 2009-2010, memenangi gelar Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions. Catatan prestasi ini bukan tidak mungkin memberi nilai tambah bagi The Special One menghadapi Inter Milan.
* Jelang ikut kompetisi di liga masing-masing, para pemain kedua tim dapat saja tampil lebih berhati-hati untuk menghindari sergapan cedera.
* Selama menjalani laga pra-musim tahun ini, Chelsea tampil memukau dengan menerapkan formasi 4-3-3.
* The Blues kembali diperkuat oleh  Torres, Mata, Azpilicueta dan Luiz setelah mereka memperkuat negaranya di ajang Piala Konfederasi 2013, Rio de Janeiro bulan lalu.

Prediksi redaktur Antaranews.com:
Chelsea FC: 2
Inter Milan: 1