DAFTAR BERITA

Rabu, 26 Juni 2013

STAIN Padangsidimpuan Gelar SPMB


INFO TABAGSEL.com-Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan bersama  53 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN)  di Indonesia menggelar  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB) tahun 2013.

Di STAIN  Padangsidimpuan, 968 peserta mengikuti SPMB-PTAIN 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan, Jalan Imam Bonjol Km 4,5 Psp, Selasa (25/6).

Ketua STAIN Dr H Ibrahim Siregar MCL didampingi Ketua Panitia Irwan Saleh Dalimunthe MA, Sekretaris Dr Sumper Mulia Harahap MAg, anggota Aswadi Lubis SE MSI dan Drs Syamsuddin Pulungan MAg di sela-sela meninjau pelaksanaan SPMB PTAIN mengatakan, ujian tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu Selasa-Rabu (25-26 Juni).

“Materi ujian pada hari pertama adalah tes potensi akademik, bidang studi dasar dan wawasan keislaman. Sedangkan hari kedua, materi yang diujikan IPA dan IPS,” ujarnya.

Dikatakan, program studi yang tersedia yaitu tadris matematika, bahasa Inggris, pendidikan agama Islam, al-ahwal-alsyakhsiyyah (hukum perdata/keluarga), perbankan syariah, komunikasi penyiaran Islam, ekonomi syariah, bimbingan dan konseling Islam, pendidikan bahasa arab serta hukum ekonomi syariah.

“Prodi yang paling diminati peserta adalah ekonomi syariah, pendidikan agama islam, tadris matematika dan bahasa inggris,” terangnya.

Dijelaskan, ruang gedung STAIN Psp yang dipakai untuk ujian SPMB PTAIN sebanyak 51 ruangan dengan 51 orang pengawas.

“Untuk kuota mahasiswa baru tahun 2013 ini sebanyak 1.200 orang,” ungkapnya.
Lebih lanjut Ibrahim Siregar mengatakan, ada dua jalur penerimaan masuk STAIN Psp, yaitu jalur undangan, SPMB tertulis dan mandiri.

“Untuk jalur undangan sudah diisi oleh 250 orang, untuk SPMB masih tahap ujian. Untuk jalur mandiri, pendaftaran dimulai 26 Juni hingga 27 juli, ujian dilaksanakan 29-31Juli,” terangnya.
 

Dia menambahkan, pengumuman jalur SPMB PTAIN 2013 akan dilaksanakan pada 20 Juli 2013 mendatang.

“Nama dan nomor ujian peserta yang lulus SPMB PTAIN 2013 dapat dilihat langsung di kampus STAIN Padangsidimpuan atau melalui website www.spmb.ptain.ac.id,” terangnya sembari menyebut dari total 968 peserta yang ikut ujian, 923 pilihan pertamanya STAIN Psp sedang lainnya PTAIN di luar STAIN Psp.

Dalam kesempatan itu, Dr Ibrahim Siregar mengatakan, STAIN Padangsidimpuan juga telah membuka pendaftaran untuk program S2 prodi pendidikan Islam didasari SK Dirjen Nomor: 747 tahun 2013.

“Ujian tulis 1 Agustus 2013, materi masuk terdiri atas tes tulis (bahasa Arab, bahasa Inggris dan tes potensi akademik. Wawancara 2 Agustus 2013 dan pengumuman 19 Agustus 2013, “ terangnya.

Diharapkannya, pelaksanaan ujian dapat berjalan aman dan lancar hingga akhir jadwal yang ditentukan. “Alhamdulillah, minat para alumni SMA dan MA sederajat untuk masuk STAIN setiap tahun mengalami peningkatan, untuk tahun ini STAIN Psp termasuk kedua tertinggi setelah STAIN Jurai Siwo Metro Lampung,” katanya.(MS)

Tidak ada komentar: