DAFTAR BERITA

Senin, 17 Juni 2013

Raja-raja Padang Bolak Tabalkan Marga Siregar untuk Mendagri

INFO TABAGSEL.com-Sebelum melantik Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Tengku Erry Nuradi, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi ditabalkan bermarga Siregar.

Raja-raja Padang Bolak Raja Panusunan Bulung Gunungtua, Raja Purba Sinomba, Raja Halongonan Tano Sapanjang Banua Sadesa, Raja Nabalok Dohot Raja Torbing Balok menabalkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi bermarga Siregar dengan gelar Sutan Parlindungan Purbatua Siregar.

Penabalan ini berlangsung Minggu (16/6) siang di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Sudirman No 41 Medan.

Selain penabalan marga Siregar kepada Mendagri, juga dilakukan penabalan marga Harahap kepada istri Mendagri dengan gelar Namora Oloan Tano Sapanjang Banua Sadesa Harahap
Penabalan marga dilaksanakan melalui prosesi adat di Bagas Godang, melalui pembacaan keputusan sidang adat raja raja oleh AKBP (Pur) H Sarbaini Harahap.

Mendagri dan istri duduk di Halangulu Tunggang Bosar dan di hadapannya sudah dipersiapan perlengkapan upa-upa, yakni kepala kerbau.

Mendagri dalam kesempatan itu merasa istimewa dan mengucapkan terima kasih kepada para raja terutama pada Raja Panusunan yang dapat melaksanakan sidang menabalkan gelar ini.

“Ini hari yang bersejarah bagi kami. Sejak saat ini, maka kami sudah menjadi dalam rumpun masyarakat Batak,” ujar Gamawan.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya bersama istri berjanji selalu memupuk silaturahmi, dan akan memupuk persaudaraan.

“Saya menyambut baik philosofis yang disampaikan ketua adat dan tidak akan menyia-nyiakannya,” katanya. Mendagri mengaku sejak kecil memang sudah dekat dengan masyarakat Batak.

“Mulai saat ini kepada teman, sapa saya dengan Gamawan Fauzi Siregar ,” katanya sambail tersenyum.

H Gatot Pujo Nugroho Lubis ST MSI Lubis yang mewakili masyarakat Sumut menyampaikan, merupakan suatu kebahagian bagi masyarakat Sumut karena ada tambahan keluarga besar dalam pengukuhan Mendagri menjadi marga Siregar.

“Izinkan kami atas nama masyarakat, agar Pak Mendagri lebih memperhatikan Sumut karena sudah menjadi bagian keluarga besar,” katanya. 





Tidak ada komentar: