DAFTAR BERITA

Sabtu, 05 Januari 2013

Anggaran Kesehatan Rp 5 M untuk Kaum Miskin Madina Dipertanyakan

INFO TABAGSEL.com-Pemkab Madina diminta untuk menjelaskan Anggaran Kesehatan yang diperuntukkan kepada masyarakat miskin sebesar Rp 5 miliar yang ditempatkan pada RSU Daerah Panyabungan sebesar Rp4,5 miliar dan Rp 500 juta untuk Rumah sakit Umum Natal. 

“Fraksi Golkar Plus mempertanyakan kepada Pemkab Madina apa dasar hukum dan payung hukum yang digunakan untuk kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat miskin, program ini sebetulnya bagaimana metode serta teknis pelaksanaan di lapangan serta apa keterlibatan Dinas Kesehatan dalam program tersebut,” tanya Ketua Fraksi Golkar Plus Ir Wildan Nasution pada saat membacakan pandangan fraksi pada Paripurna DPRD Madina pada Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja dan Daerah tahun anggaran 2013, Kamis (3/1) yang dihadiri Bupati Madina HM Hidayat Batubara SE serta Muspida Madina.


Sebetulnya pada Program Jamkesmas kata, Wildan untuk pelayanan Puskesmas mengunakan metode atau sitem paket, sedangkan untuk pelayanan Rumah sakit Umum menggunakan metode INA CBGS. "Jadi kita tidak mengetahui metode apa yang dipergunakan dalam pelaksanaan Jamkesda ini, seharusnya diperlakukan identik atau sama dengan program Jamkesmas untuk menghindari diskriminasi,"kata Wildan. Minimal kata Wildan untuk menghindari pelanggaran hukum perlu regulasi paling tidak mencakup mekanisme kepesertaan, klaim dan mekanisme penggunaan anggaran serta Tim Penanggulangan kemiskinan daerah terlibat.


Disamping itu ungkap Wildan dalam peningkatan kesehatan di tengah-tengah masyarakat, Fraksi Golkar Plus meminta kepada Pemkab Madina untuk segera membangun Poskesdes Desa Tangsi Atas Kecamatan Lingga Bayu, Pembangunan Poskesdes Desa Gonting Kecamatan Ranto Baek, Pembangunan Poskesdes Desa Adangkahan Aek Putih Kecamatan Batang Natal serta pembangunan Poskesdes didesa Simpang Duhu Lombang kecamatan Ulu Pungkut.Portibi Online.com

Tidak ada komentar: