DAFTAR BERITA

Sabtu, 05 Januari 2013

Aek Latong Amblas, Jalinsum Putus



JALINSUM Aek di Kec. Sipirok, Kab. Tapsel, yang sebelum ini baik-baik saja, tiba-tiba amblas hingga 5 meter, Kamis (3/1). Akibatnya arus lalulintas macat hingga 10 jam dan normal kembali setelah ada yang menimbun bram jalan di sisi yang belum amblas. (WSP/Sukri Falah Harahap )

 INFO TABAGSEL.com-Arus lalulintas di Jalinsum Aek Latong,Kec. Sipirok dan Kec. Sayur matinggi, Kab. Tapanuli Selatan kembali mengalami macat total hingga beberapa jam. Pasalnya,pada titik jalan yang selama ini tidak pernah ada masalah, tiba-tiba amblas dan menghabisihingga 75 persen badan jalan,Kamis (3/1). Jalinsum di Desa Silaiya, Kec.Sayurmatinggitertutup longsoran tanah danbatang kayu perbukitan.
Posisi jalan amblas ini, dariarah Padangsidimpuan, setelahsimpang jalur alternatif AekLatong dan sebelum turunanpertama memasuki jalan rusak.Sementara dari arah Medan,jalan amblas sepanjang 150 meter setelah puncak tanjakanterakhir menuju Sipirok.
Berdasarkan catatan Waspada, titik jalan yang amblas ini tidak pernah bermasalah sebelumnya. Hanya di bagian kirinya,dari arah Sipirok, terdapat jurang berkedalaman 5 meter.Selama ini jalan lurus tersebut berhotmix mulus.
Namun tiba-tiba amblas pada Kamis (3/1) pagi. Pantauan di lokasi, sebagian badan jalan turun hingga lima meter dan membuat hotmix di sekitarnya retak. Jalan ini disebut amblas, karena sama sekali tidak ditemukan bekas material jalan yang jatuh kejurang di sampingnya.
Amran Pohan, warga setempat, kepada Waspada, mengatakan jalan itu amblas pada dini hari (kemarin-red)dan mengakibatkan arus lalu-lintas macat total hingga 10 jam. Ratusan kendaraan terjebak macet hingga 2 kilometer dari dua arah.
Antrean tidak terlalu panjang lagi karena kendaraan diperbolehkan melintas dari jalur alternative Aek Latong yang sebenarnya belum difungsikan karena belum selesai diaspal.
Sementara kenderaan yang terjebak macat terpaksa menunggu antrean setelah sisi badan jalan yang amblas itu biasa dilintasi. Arus lalulintas mulai normal setelah ada yang menimbun bram jalan pada bagian sisi yang belum amblas.
Untuk sementara hanya jenis mobil pribadi yang bisa melintas.Sedangkan truk dan bus bisa melintas pada siang hari. Sementara itu dari arah Padangsidimpuan tampak Polres Tapsel memasang plangtanda Aek Latong putus total di simpang Pal XI, Kec. AngkolaTimur, atau samping jembatan timbang Dishub Pemprovsu.Di plang tertulis “Aek latong putus total dan pengendara yang hendak menuju Medan diminta menempuh jalur Labuhanbatu.
”Kapolres Tapsel AKBP Abdul Rizal A Engahu  didampingi Kasat lantas AKP Siswandi mengimbau pengendara berhati-hati melintasi  Kec.Sayur matinggi dan Kec. Sipirok karena kedua wilayah ini rawan longsor. (Berita Sore)

Tidak ada komentar: