DAFTAR BERITA

Rabu, 19 Desember 2012

Cagubsu Effendi Simbolon Berikan Racun Kepada Petani Deliserdang

Effendi MS Simbolon membagikan racun tikus kepada sejumlah petani di Deliserdang, Selasa(18/12). ( Repro/WSP/ist )


INFO TABAGSEL.com- Hama tikus yang menyerang tanaman padi di sejumlah desa di Deliserdang mulai membuat para petani resah. Pasalnya hama tikus menyerang tanaman padi yang sedang berbuah. Ompung Parsaoran boru Sirait, petani di desa Wonosari Kec. Tanjung Morawa, Kab.Deliserdang  mengatakan,gara-gara dimakan tikus, panen padinya tidak lagi mencapai empat goni per rante.
Padahal menurut dia, dirinya masih harus membayar sewa sawah yang ia kelola.“Tikus ini mulai nyerang tanaman padiku sejak dua bulan lalu, waktu masuk musim penghujan. Jadi, hasil panenku pun tinggal sedikit, padahal aku masih harus membayar sewa sawah”, ujar Ompung Parsaoran disela-sela kegiatan pembagian racun tikus yang dilakukan Calon Gubernur Sumatera Utara Effendi  MS Simbolon di desa Wonosari Tanjung Morawa Deliserdang, Selasa (18/12).
Meski sudah terserang hama tikus beberapa kali masa tanam, tetapi menurutnya, mereka belum pernah menerima bantuan pembasmi hama tikus dari pemerintah. Karena itu, ia sangat senang ada bantuan pembasmi hama dari calon gubernur nomor urut 2 itu.
“Ini bantuan pertama yang kami terima sejak hama tikus menyerang tanaman padi kami. Padahal hama tikus ini bukan baru kali ini aja. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Pak Effendi,” imbuh Ompung Parsaoran.
Keluhan hama tikus juga disampaikan petani di desa Ramunia Kec. Pantai Labu Kab.Deliserdang yang juga menerima bantuan racun pembasmi hama tikus dari calon Gubernur Effendi MS Simbolon. Ompung Putri boru Manullang bahkan mengatakan, dari sembilan rante sawah yang ia tanami padi, 6 rante sudah habis diserang tikus.
Padahal, untuk satu rante, ia harus membaya ruang sewa senilai 50 kilogram padi. Untuk mencegah serangan hama tikus lebih parah, ia harus mengeluarkan biaya Rp 20 ribu untuk membeli racun pembasmi tikus. Dan ini harus dia lakukan setiap tiga kali sehari.“Udah tak tau lagi aku cemana hasil panenku kali ini.
Udah enam rante yang dimakani tikus, padahal untuk satu rantenya aku harus bayar 50 kg padi,belum lagi aku harus beli racun tikus sendiri, biar yang tiga rante lagi gak ikut terserang hama,” ujar ompung Putri boru Manullang.
Melihat kesusahan petani menghadapi serangan hama tikus, Cagubsu Sumut, Effendi Simbolon memberikan bantuan untuk mengatasi hama tikus dengan membagikan seribu paket pembasmi hama bagi petani dikawasan itu.
Hal ini, menurut Effendi Simbolon, harus dilakukan sehingga  hasil panen petani tidak berkurang bahkan semakin meningkat. Dan jika ini bisa dilakukan, maka Sumatera Utara bisa mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan.
“Kalau hasil panen petani  tidak berkurang dan bahkanmeningkat,saya optimis Sumatera Utara mampu memenuhi kebutuhan pangan warganya. Jadi kita tidak perlu lagi mengimpor dari daerah lain. Dan ini harus didukung dengan kebijakan tanah untuk petani serta tidak bolehnya konversi lahanp ertanian untuk perkebunan,”ujar Effendi MS Simbolon di hadapan petani yang menerima bantuan pembasmi hama tikus di desa Ramunia, Pantai Labu Deliserdang.
Kata dia, pembasmian hama tikus di sawah juga menjadi simbol bahwa tikus-tikus koruptor yang saat ini banyak dipemerintahan juga harus dibasmi,sehingga dana APBD Sumatera Utara yang masih tergolong kecil itu bisa sepenuhnya diberdayakan untuk kepentingan rakyat.
“Tidak zamannya lagi kita memiliki pemimpin yang lebih mementingkan diri sendiri, keluarga mau pun kelompok dan menyengsarakan rakyat. Saatnya kita melawan ketidakadilan,melawan ketidak merataan pembangunan menuju Sumut baru dengan infrastruktur yang mantap, pendidikan yang gratis serta pelayanan kesehatan yang layak dan gratis yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat,” tambah  Effendi.
Mendengar penyataan Effendi Simbolon yang didukung PDI-Perjuangan, PPRN dan PDS dalam pilgub 7 Maret 2013 mendatang,ketua kelompok tani  Ompung Dapot Sinaga menyatakan siap mengerahkan anggota kelompok taninya untuk mendukung Effendi Simbolon-Djumiran Abdi, sehingga apa yang dicita-citakan pasangan tersebut bisa diwujudkan. (Bs)

Tidak ada komentar: