DAFTAR BERITA

Sabtu, 04 Agustus 2012

Tambang Emas Martabe Berikan Kontribusi Pengembangan Ekonomi Tapsel


 INFO TABAGSEL.com-Perusahaan Tambang Emas Martabe di Desa Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, tidak hanya menjaga dan melestarikan lingkungan, tetapi juga ikut berkontribusi bagi pengembangan ekonomi masyarakat. "Terobosan-terobosan yang dilakukan perusahaan tambang emas itu perlu diberikan apresiasi oleh pemerintah, karena ini seluruhnya juga bertujuan untuk mensejahterakan hidupan rakyat," kata salah seorang staf pada Perusahaan Tambang Emas Martabe, ibu Linda di Medan, Jumat (3/8).

Linda mengatakan, pembangunan ekonomi yang dilakukan perusahaan tambang emas itu, dengan memberikan kesempatan kerja bagi warga di daerah tersebut. "Dengan demikian akan tercipta pembangunan ekonomi lokal yang berjangka panjang bagi kepentingan masyarakat," katanya.

Selain itu, jelasnya, Perusahaan Tambang Emas Martabe atau "G-Resources Martabe" juga membentuk Komite Perwakilan Masyarakat Desa (Martabe Community Consultative Committee/MC3) merupakan kelompok pemangku kepentingan yang mewakili 10 desa yang terkena dampak langsung di lingkar proyek tambang tersebut.

"Perusahaan tambang juga selalu memperhatikan sumber daya manusia (SDM) masyarakat, baik itu pendidikan, program gizi anak, program peningkatan higiene dan sanitasi dan program lainnya untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat," ucap dia.

Ketika ditanya mengenai pambebasan lahan atau tanah masyarakat yang terkena proyek tersebut, Linda menjelaskan, sampai saat ini tidak ada masalah dan sudah tuntas.

Pihak Perusahaan tentu berlaku arif dan bijaksana dalam menangani permasalahan."Pada prinsifnya perusahaan telah menyelesaikan hal seperti itu.Kita tetap menjaga kemitraan dengan masyarakat dan pemerintah, sehingga perusahaan dapat berjalan lancar," ucap dia.

Bahkan, katanya, perusahaan juga memperhatikan mengenai lingkungan hidup, dan pembuangan limbah cair, gas dan lainnya sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan.

"Perusahaan juga memperhatikan peningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat dan mengenai tenaga kerja.Tenaga kerja yang ada di perusahaan tersebut juga direkrut dari masyarakat setempat," kata Linda.

Sementara itu, data yang diperoleh menyebutkan, Tambang Emas dan Perak Martabe di Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli selatan memiliki potensi 7,46 juta ounce sumber daya emas dan 72,60 juta ounce sumber daya perak.

Tambang Emas Martabe merupakan tambang emas berkelas dunia yang pertama berproduksi di Sumatera Utara dan terletak dalam zona termineralisasi dengan luas 30 Kilometer persegi yang masuk dalam area Kontrak Karya seluas 1.639 Kilometer persegi sangat prospektif, dengan potensi selama 50 tahun.

Lokasi Tambang Emas Martabe jaraknya lebih kurang 415 Kilometer arah barat Kota Medan. (Analisa)

Tidak ada komentar: