DAFTAR BERITA

Selasa, 17 Desember 2013

Cina Jelajahi Bulan

INFO TABAGSEL.com-Alat-alat yang terdapat pada kendaraan penjelajah milik Cina di bulan, mulai bekerja, kata ilmuwan Cina, setelah wahana luar angkasa ini mendarat di bulan Sabtu (14/12) lalu. 

Lima dari delapan buah peralatan tersebut telah mulai melakukan pengamatan, demikian laporan kantor berita Xinhua.

"Teleskop dan kamera telah membuat gambar yang jelas," kata Zou Yongliao, peneliti dari Chinese Academy of Sciences, dalam jumpa pers.

Sebelumnya, kendaraan robot yang beroda enam ini telah mengirim foto-foto pertama dari Bulan.

Foto-foto berwarna yang ditransmisikan secara langsung ke Pusat Kendali Antariksa Beijing dan disaksikan oleh Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang.

Penjelajah ini, yang diberi nama Kelinci Giok, dijadwalkan tinggal selama tiga bulan untuk mempelajari struktur geologi permukaan Bulan dan mencari sumber daya alam.

Sedangkan kendaraan pendarat akan melakukan eksplorasi sains selama satu tahun.
 

Setelah AS dan Soviet

Cina menjadi satu-satunya negara nomor tiga setelah Amerika Serikat dan bekas Uni Soviet yang dapat mengirim misi ke Bulan.

Program antariksa Cina, yang didukung oleh militer, telah membuat kemajuan metodis dalam waktu singkat meski negara itu jauh tertinggal secara teknologi dari AS atau Rusia.


Beijing berencana membangun stasiun antariksa permanen pada 2020 dan mengirim astronotnya ke Bulan.

Sabtu (14/12) kemarin, wahana luar angkasa Cina - yang membawa robot itu - berhasil mendarat di belahan utara bulan, yang merupakan pendaratan pertama semenjak 1976.

Pendaratan Chang'e-3, nama wahana tersebut, merupakan langkah terbaru sekaligus ambisi Cina dalam misi luar angkasanya.

Misi luar angkasa ini diluncurkan dari Xichang pada awal Desember lalu.

Tidak ada komentar: