DAFTAR BERITA

Minggu, 18 Agustus 2013

Gubsu Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi, Vania Sefita pembawa baki

DETIK-DETIK PROKLAMASI: Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho menyerahkan Bendera Merah Putih kepada anggota Paskibraka Vania Sefita asal SMA Negeri 1 Binjai (kiri)


INFO TABAGSEl.com-Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST menjadi Inspektur Upacara (Irup) Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8) di Lapangan Merdeka Medan.
Vania Sefita asal SMA Negeri 1 Binjai dipercaya sebgai pembawa baki. Sementara yang menjadi Komandan upacaranya adalah Komandan Batalyon Infantri 100 Raider Letkol Inf Safka Feriansyah. Sejumlah tokoh pejuang Kemerdekaan RI, tampak mengikuti upacara dengan khidmat.

Upacara diawali, dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Sumut, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera.

Selain itu, juga hadir Wagubsu H Tengku Erry Nurady, Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun, Kapolda Sumut Irjen Pol Syarief Gunawan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Burhanuddin Siagian, Marsekal Pertama TNI Sungkono SE, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, SE, Plt Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sumut dan tokoh masyarakat Sumut.

Selain Para pejabat tokoh masyarakat pejuang kemerdekaan, upacara juga disaksikan masyarakat umum untuk melihat langsung momen tahunan tersebut.

Gubsu selaku Inspektur Upacara (Irup), selanjutnya memimpin untuk mengheningkan cipta, guna mengenang perjuangan para pahlawan Bangsa Indonesia dalam merebut Kemerdekaan dari penjajah.

Dimeriahkan Marching Band

Upacara HUT RI Ke 68 ini, juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Kodam 1 Bukit Barisan dan Marching Band Sinar Husni yang memukau para peserta upacara.

Usai upacara, kepada wartawan Gubsu menyampaikan momen peringatan hari kemerdekaan RI adalah momen untuk mengungkapkan rasa nasionalisme dan menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air.

Berbagai kegiatan dalam memeriahkan HUT RI, kata Gubsu, hendaknya lebih mengutamakan kearifan lokal dan budaya untuk semakin mempererat persaudaran dalam wadah NKRI.

Menurut Gubsu rasa nasionalisme bisa diungkapkan dengan banyak cara secara positif. Misalnya dengan mencintai/menggunakan produk-produk lokal dan mencintai budaya leluhur.

"Nasionalisme bisa diungkapkan lewat banyak hal. Misalnya dengan mulai mencintai/memakai produk-produk dalam negeri, atau bisa juga dengan makin meningkatkan rasa cinta pada budaya-budaya lokal," ujar Gubsu.

Tidak ada komentar: