DAFTAR BERITA

Sabtu, 27 Juli 2013

Menpan: Biasanya Nama Calon PNS Bisa Diubah-ubah

INFO TABAGSEL.com-Pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang pada Oktober 2013.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan pola rekrutmen tahun ini akan berbeda dari sebelumnya yakni akan jauh lebih transparan.

Dia mengatakan, bentuk ujian akan sama seperti tahun sebelum yang terdiri dari tes kompetensi dasar, kepribadian, tes potensi akademik dan tes wawasan kebangsaan. Namun yang berbeda adalah hasil ujian langsung dibawa ke Jakarta untuk menghindari tindak kecurangan di daerah dan lalu kemudian hasilnya langsung diumumkan.

"Diumumkan, diambil lembar jawaban dibawa ke Jakarta langsung diumumkan, kan rawan itu biasanya di daerah itu, diubah-ubah namanya. Nanti waktu pengumumannya disesuaikan, bisa 2 atau 3 minggu. Jadi hasil itu masuk diperiksa dan diumumkan," tutur Azwar Abubakar saat ditemui di Jakarta, Jumat (26/7/2013) malam.

Dia mengatakan, dengan pola seperti itu maka hasilnya akan lebih berkualitas karena sudah lebih transaparan.

"Tentu dengan begitu akan lebih qualified. Tahun lalu lihat qualified semua, yang kita dapat itu bagus," paparnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan nantinya tidak semua dari kuota 60ribu tersebut akan terisi. Kemungkinan bisa kurang dari kuota seperti tahun 2012 di mana kuotanya sebanyak 13ribu sementara yang terisi hanya 11 ribuan.

"Jadi bisa kurang dari kuota seperti tahun lalu kan 13 ribu yang terisi 11 ribuan. karena ada yang tidak qualified. jadi walaupun kuota masih ada dan tidak qualified ya tetap tidak masuk," tambahnya.

Sementara untuk distribusi penerimaan, Azwar mengatakan hampir merata di seluruh Tanah Air, di mana dari 500 kabupaten kota kuota akan diberikan pada 300 kabupaten kota.

Azwar Abubakar mengatakan, ujian yang akan dilangsungkan nanti hanya akan dilakukan sekali dan tidak ada ujian susulan. "Jadi cuma sekali tes saja," ujarnya

Tidak ada komentar: