DAFTAR BERITA

Jumat, 02 November 2012

Perjuangkan Plasma, Masyarakat Apresiasi Bupati Madina


INFO TABAGSEL.com-Masyarakat Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memberikan apresiasi kepada Bupati Madina, HM Hidayat Batubara, atas keberhasilannya memperjuangkan peserta plasma bagi 500 kepala keluarga di daerah itu kepada PT Perkebunan Sumatera Utara.

”Kalau tidak ada halangan, akad kredit bagi masyarakat akan dilakukan hari ini. Peserta plasma berada di bawah naungan KUD Sigap Mandiri dengan bapak angkat PT PSU dengan Bank Mandiri,” sebut Sekretaris Komisi II DPRD Madina, Ir Ali Mutiara Rangkuti, Kamis (1/11).

Langkah Bupati itu, kata Ali Mutiara, patut diapresiasi karena untuk kemaslahatan masyarakat. “Akad kredit untuk peserta plasma berjumlah 500 KK dengan luas sekitar 1.000 hektar untuk masyarakat Desa Kampung Baru dan masyarakat Kelurahan Simpang Gambir. Usai tahap pertama, juga nantinya telah diberikan plasma kepada 400 KK jumlah luasnya 800 Ha untuk masyarakat Desa Simpang Sordang dan Kelurahan Simpang Gambir,” terangnya.

Ali mengatakan, dengan terealisasinya plasma tersebut berarti keresahan dan terombang ambingnya nasib masyarakat selama ini sudah tersahuti. Dimana hal itu PT PSU sudah menjalankan sesuai dengan Kepmentan No. 26 Tahun 2007 tentang kewajiban plasma sebanyak 20% dari luas izin lokasi yang dimiliki.

“Selain itu kita berharap untuk CSR PT PSU harus segera disalurkan terhadap desa-desa yang membutuhkan pembangunan seperti air bersih di Desa Simpang Duku, Banjar Selamat, Aek Majuruk, Kalurahan Simpang Gambir serta desa lainnya. Sehingga masyarakat bisa memanpaatkannya,” harapnya.

Sementara Bupati Madina, M Hidayat Batubara, berharap penyerapan calon peserta plasma harus betul-betul diserahkan kepada masyarakat Kecamatan Lingga Bayu, khususnya masyarakat ekonomi kurang mampu.

“Pihak PT PSU dalam perekrutan DCP ini benar-benar selektif dan jangan ada kiranya manipulasi tentang kepesertaan plasma tersebut. Sehingga berdayaguna dan bermanfaat untuk menopang pereknomian masyarakat kurang mampu tadi,” harapnya.

Sedangkan tokoh pemuda Kecamatan Lingga Bayu,  Ir Anas Suheri Lubis dan Irwansyah Nasution mengaku mengapresiasi langkah Bupati Madina yang telah berhasil menyahuti keinginan masyarakat.

"Kita ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati, karena dengan akan dilaksanakannya akad kredit tersebut membuktikan bahwa adanya kepedulian terhadap masyarakat bawah dengan plasma, sehingga dengan begitu akan mengangkat prekonomian masyarakat,” ungkap keduanya. (Starberita)

Tidak ada komentar: