BIDANG KEAHLIAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN (SMK)
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
1. Memahami prinsip‐prinsip
penyelenggaraan administrasi
perkantoran
1. 1.Mendeskripsikan
administrasi perkantoran
1.1.1.Menjelaskan pengertian Administrasi
1.1.2. Menjelaskan pengertian, tujuan dan fungsi kantor
1.1.3. Menjelaskan ruang lingkup administrasi perkantoran
1.2. Mendeskripsikan fungsi
pekerjaan kantor dalam
organisasi
1.2.3. Menjelaskan Bentuk‐bentuk organisasi
1.4.Mengindentifikasikan sarana
dan prasarana administrasi
perkantoran
1.4.1. Mengklasifikasikan jenis sarana dan prasarana kantor
1.4.2. Mencirikan bentuk tata ruang kantor
2. Mengaplikasikan
keterampilan dasar komunikasi
2.1 Mengidentifikasi proses
komunikasi
2.1.1 Mengidentifikasi Pengertian Komunikasi
2.1.2 Mengidentifikasi Komponen Komunikasi
2.1.4. Mengidentifikasikan jenis‐jenis lambang komunikasi
2.2 Menerima dan
menyampaikan informasi
2.2.1 Mengidentifikasi proses komunikasi
2.2.2 Mengidentifikasi factor keberhasilan dan penghambat
komunikasi
2.2.3 Mengidentifikasikan faktor penyebab Keberhasilan dan
Penghambat Komunikas
2.3. Memilih media
komunikasi
2.3.1.Mendeskripsikan Media komunikasi
2.3.2. Mengidentifikasikan Media Komunikasi
http://sergur.kemdiknas.go.id
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
.4. Merencanakan komunikasi
melalui telepon
2.4.3. Memilih kalimat yang sesuai dengan tujuan pesan
3. Menerapkan prinsip‐prinsip
kerjasama dengan kolega dan
pelanggan
3.1 Mendeskripsikan kerjasama
dengan kolega dan pelanggan
3.1.1. Mendiskripsikan Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
secara terbuka, profesional dan secara ramah tamah.
3.1.2. Mendeskripsikan etika dan bahasa yang tepat
3.1.3. Mendeskripsikan Pengaruh bahasa tubuh dalam
menghadapi kolega dan pelanggan .
3.2. Mengidentifikasi pelanggan
dan kebutuhannya
3.2.1. Mengidentifikasi Kesempatan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan
3.3. Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
3.3.1. Mentukan penampilan (grooming) yang sesuai dengan
situasi dan kondisi kegiatan kantor
3.3.2. Mendiagnosis Kuantitas kepribadian
3.3.3. Menilai Etika Profesi dalam bekerja
3.3.4. Menjelaskan Bahasa tubuh digunakan untuk membantu
penampilan pribadi
3.3.5. Mendskripsikan Jamuan bisnis sesuai dengan standar
3.4. Menerapkan bekerja dalam
tim
3.4.3. Mengkatagorikan Bentuk‐bentuk tanggungjawab masingmasing
tim
3.4.4 Menentukan Hubungan internal vertikal‐horisontal
3.4.5. Menyimpulkan Arti dan Manfaat interpersonal
relationship
4. Menerapkan keselamatan, 4.1 Mendeskripsikan 4.1.1. Menjelaskan Pengertian K3LH
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
kesehatan kerja, dan lingkungan
hidup (K3LH)
keselamatan dan kesehatan
kerja (K3)
4.1.2. Menjelaskan Tujuan K3LH pada perusahaan
4.1.3. Menjelaskan Undang‐undang Ketenaga kerjaan
4.1.4. Menguraikan pentingnya penerapan K3 di perusahaan
4.3 Menerapkan konsep
lingkungan hidup
4.3.1. Merincikan Faktor‐faktor yang mempengaruhi keselamatan
dan kesehatan lingkungan kerja
4.3.2. Mengidentifikasi bahaya di lingkungan kerja
4.3.3. mengidentifikasikan cara pencegahan bahaya di lingkungan
kerja
4.4. Menerapkan ketentuan
pertolongan pertama pada
kecelakaan.
4.4.1. Mengidentifikasi bahaya di tempat kerja
B. KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Esensial
1. Mengoperasikan aplikasi
perangkat lunak
1.1 Mendeskripsikan aplikasi
perangkat lunak
1.1.1. Membedakan fungsi penggunaan aplikasi perangkat lunak
1.1.2. Menentukan penggunaan aplikasi perangkat lunak sesuai
dengan jenis pekerjaan
1.1.4. Memilih aplikasi perangkat lunak yang sesuai dengan jenis
pekerjaan
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
1.2 Mengoperasikan aplikasi
perangkat lunak dalam
mengolah dokumen/ naskah
1.2.1. Mengurutkan langkah‐langkah memulai program aplikasi
perangkat lunak
2. Mengoperasikan aplikasi
presentasi
2.1 Mendeskripsikan aplikasi
presentasi
2.1.1. Mengurutkan langkah‐langkah memulai aplikasi presentasi
2.1.2. Memilih design tampilan presentasi
2.1.3. Menentukan layout tampilan presentasi
3. Mengelola peralatan
kantor
3.1 Melakukan prosedur
pengadaan peralatan kantor
3.1.1. Mengidentifikasi bahan, alat, dan perabot yang akan
digunakan dalam bekerja
3.1.3. menjelaskan mesin‐mesin kantor
3.1.4. menjelaskan jenis‐jenis peralatan kantor
3.3 Memelihara peralatan
kantor
3.3.1. Menjelaskan cara Pemeliharaan Peralatan yang sesuai
instruksi penggunaan
4. Melakukan prosedur
administrasi
4.1 Mengidentifikasi
dokumen‐dokumen kantor
4.1.1. Mengidentifikasikan jenis‐jenis dokumen dan surat
4.1.2. Menjelaskan bagian‐bagian dan bentuk surat secara
lengkap
4.2 Melakukan suratmenyurat
4.2.1. Menganalisis jenis surat niaga
4.2.2. Menganalisis jenis surat dinas
4.2.3. Menelaah jenis surat berdasarkan kalimat surat
4.2.4. Memilih kalimat yang sesuai dengan tujuan/perihal surat
5. Menangani penggandaan
dokumen
5.1 Memilih jenis
penggandaan dokumen yang
sesuai
5.1.1 Mengidentifikasi Peralatan yang digunakan untuk
menggandakan dokumen
5.1.2. Menjelaskan cara kerja alat atau mesin pengganda
6. Menangani 6.1.3 Menyebutkan jenis‐jenis surat
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
surat/dokumen kantor
6.1.4 Menjelaskan prosedur surat masuk buku agenda.
6.1.5 Menjelaskan prosedur surat keluar buku agenda.
6.1.7 Menjelaskan prosedur surat keluar kartu kendali.
6.1.8 Menjelaskan Prosedur surat‐surat penting dan rahasia.
6.3 Mendistribusikan
surat/dokumen
6.3.1. Menyebutkan ciri‐ciri surat dinas penting.
6.3.2. Menjelaskan tata aliran surat penting
6.4 Memproses e‐mail 6.4.1. Menjelaskan hal‐hal yang diperlukan dalam mengirim email
7. Mengelola Sistem Kearsipan 7.1. Menentukan sistem
kearsipan
7.1.1. Mendeskripsikan Azas pengelolaan kearsipan (sentralisasi
, desentralisasi dan gabungan
7.1.3. Memilih azas pengelolaan kearsipan yang sesuai
7.2. Menentukan kebutuhan
alat dan bahan
7.2.3. MendiskripsikanFungsi bahan dan alat kearsipan
7.3. Mengimpelemtasikan
sistem kearsipan
7.3.2 Menjelaskan .Langkah penyimpanan dan penemuan
kembali arsip
7.3.3. Menjelaskan Penyusutan dokumen
8. Membuat dokumen 8.1 Membuat catatan dikte
untuk menghasilkan
naskah/dokumen
8.1.1. Membaca tulisan steno bhs Indonesia
8.1.2. Membaca tulisan singkatan steno bhs Inggeris
9. Memproses perjalanan
bisnis
9.1 Mendeskripsikan
perjalanan bisnis
9.1.1. Menjelaskan Isi Daftar perjalanan bisnis
TANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
9.1.2. Mengklasifikasikan dokumen perjalanan bisnis dalam
negeri
9.1.3. Mengkonfirmasi tiket perjalanan ke biro perjalanan .
9.1.4. Menyusun laporan keuangan perjalanan
9.2 Melaksanakan
penanganan perjalanan bisnis 9.2.3. Memilih informasi yang diperlukan dalam menyusun
daftar perjalanan dinas.
9.2.4 Mendeskripsikan cara reservasi akomodasi dan
transportasi
9.2.5. Sebutkan dan jelaskan macam‐macam dokumen
perjalanan!
9.2.6. Sebutkan dan jelaskan alat‐alat pembayaran dalam
perjalanan!
9.2.7. Sebutkan penyusunan biaya perjalanan dinas!
10.1 Mempersiapkan
pertemuan/rapat 10.1.1. Menjelaskan pengertian rapat, tujuan jenis dan teknik
penyelenggaraan rapat : Persiapan, penyelenggaraan dan
pelaporan
10.1.2.Mengidentifikasi keperluan rapat : bahan, alat dan
akomodasi
10.1.3. Menjelaskan macam‐macam tata ruang rapat
ANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
10.1.Mengidentifikasi tata ruang rapat dengan cekatan dan
bertanggujng jawab
10.2 Menyelenggarakan
pertemuan/rapat
10.2.2.Menjelaskan teknik memimpin rapat
10.2.3.Menjelaskan teknik mengajukan pendapat
10.2.4. Memahami tata tertib rapat
10.3 Membuat catatan hasil
pertemuan/rapat
10.3.1. Menjelaskan catatan hasil pertemuan rapat/pertemuan
10.3.2. Menjelaskan Isi Catatan hasil pertemuan
rapat/pertemuan
11. Mengelola dana kas kecil 11.1 Mempersiapkan
administrasi kas kecil
11.1.1. Memilih jenis‐jenis bukti transaksi kas
11.1.2. Menentukan bukti transaksi pengeluaran
11.1.3. Menentukan bukti transaksi pemasukan
11.3 Mendokumentasikan
bukti‐bukti kas kecil
11.3.1. Menjelaskan metode pencatatan dana kas kecil
11.3.2. Menentukan pencatan bukti transaksi dana kas kecil
12. Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
12.1 Mendeskripsikan
pelayanan prima
12.1.1. Menjelaskan Prinsip‐prinsip pelayanan
12.1.2. Mengidentifikasi Kualitas jasa pelayanan prima
12.1.3. Mengidentifikasi Karakteristik pelayanan prima
12.2 Mengidentifikasi
pelanggan dan kebutuhannya
12.2.1. Mengidentifikasi pelanggan
12.2.2. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
12.3 Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
12.3.1. Menjelaskan kerangka pelayanan kepada pelanggan
13. Mengelola data/informasi
di tempat kerja
13.1 Mengumpulkan
data/informasi
13.1.2.Menentukan Metode pengumpulan dapat
dipertanggungjawabkan dan menggunakan sumber daya serta
waktu yang efisien
13.2 Melakukan pengolahan
data/ informasi
13.2.1.Mengelola informasi dalam bentuk yang sesuai untuk
dianalisa, dipersepsikan dan diserbarluaskan sesuai prosedur
organisasi
C. PEDAGOGI
Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran (Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
1. Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip‐prinsip
pembelajaran yang mendidik
1.1. Menjelaskan berbagai teori
belajar dan prinsip‐prinsip
pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran
bidang keahlian administrasi
perkantoran
1.1.1. Menjelaskan berbagai teori pembelajaran
1.1.2. Menjelaskan prinsip‐prinsip pembelajaran kreatif dan
inovatif
1.2. Menentukan pendekatan
dan strategi pembelajaran yang
sesuai dengan materi ajar mata
pelajaran bidang keahlian
administrasi perkantoran
1.2.1. Memilih Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan
materi ajar mata pelajaran bidang keahlian administrasi
perkantoran
1.2.2. Merancang model pembelajaran mata pelajaran bidang
keahlian administrasi perkantoran dengan pendekatan CTL
Administrasi Perkantoran
2.1. Merancang
Kurikulum/Silabus Administrasi
perkantoran
2.1.1. Menentukan Standard Kompetensi Administrasi
Perkantoran
2.1.2. Merumuskan Kompetensi Dasar Administrasi Perkantoran
2.1.3. Merumuskan Indikator Pembelajaran Administrasi
perkantoran
2.1.4. Memilih materi pokok mata pelajaran bidang keahlian
administrasi perkantoran
2.1.5. Memilih kegiatan belajar yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran Administrasi Perkantoran
2.1.6. Memilih teknik evaluasi proses dan hasil belajar
adminstrasi perkantoran
2.1.7. Menentukan Alokasi Waktu
2.1.8. Memilih sumber pembelajaran mata pelajaran bidang
keahlian administrasi perkantoran
3.1. Merancang RPP
Administrasi perkantoran
2.2.1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
2.2.3. Memilih Model Pembelajaran yang tepat
2.2.4. Menentukan Langkah‐langkah pembelajaran
2.2.5. Memilih Media Pembelajaran
3. Melaksanakan pembelajaran
Administrasi perkantoran
3.1. Melatih kegiatan awal
pembelajaran Administrasi
perkantoran
3.1.1.Melaksanakan persiapan siswa dalam proses pembelajaran
3.1.2.Melaksanakan Kegiatan Apersepsi
3.2. Melatih kegiatan inti
pembelajaran Administrasi
3.2.1. Melaksanakan pelaksanakan Pembelajaran sesuai dengan
tujuan pembelajaran
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
perkantoran 3.2.2. Melaksanakan penggunaan Model Pembelajaran yang
sesuai dengan materi yang akan di sampaikan
3.2.3. Melaksanakan penggunaan Media Pembelajaran
3.2.4. Melaksanakan kegiatan Penilaian Proses
3.3. Melatih kegiatan akhir
pembelajaran Administrasi
perkantoran
3.3.1.Melaksanakan refleksi Pembelajaran
3.3.2.Merangkum proses Pembelajaran
3.3.3.Merancang kegiatan Penugasan
4. Melaksanakan Evaluasi
Pembelajaran Administrasi
Perkantoran
4.1.Mimilih Instrumen Penilaian
Administrasi Perkantoran
4.1.1.Memilih Jenis evaluasi Pembelajaran
4.1.2.Melaksanakan penyusun Instrumen Evaluasi
4.2.Melaksanakan Penilaian
Hasil Belajar administrasi
Perkantoran
4.2.1. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk
menentukan tingkat ketuntasan belajar.
4.2.2. Menggunakan informasi ketuntasan belajar untuk
merancang program remedy
4.2.2. Menggunakan informasi ketuntasan belajar untuk
merancang program pengayaan
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
1. Memahami prinsip‐prinsip
penyelenggaraan administrasi
perkantoran
1. 1.Mendeskripsikan
administrasi perkantoran
1.1.1.Menjelaskan pengertian Administrasi
1.1.2. Menjelaskan pengertian, tujuan dan fungsi kantor
1.1.3. Menjelaskan ruang lingkup administrasi perkantoran
1.2. Mendeskripsikan fungsi
pekerjaan kantor dalam
organisasi
1.2.3. Menjelaskan Bentuk‐bentuk organisasi
1.4.Mengindentifikasikan sarana
dan prasarana administrasi
perkantoran
1.4.1. Mengklasifikasikan jenis sarana dan prasarana kantor
1.4.2. Mencirikan bentuk tata ruang kantor
2. Mengaplikasikan
keterampilan dasar komunikasi
2.1 Mengidentifikasi proses
komunikasi
2.1.1 Mengidentifikasi Pengertian Komunikasi
2.1.2 Mengidentifikasi Komponen Komunikasi
2.1.4. Mengidentifikasikan jenis‐jenis lambang komunikasi
2.2 Menerima dan
menyampaikan informasi
2.2.1 Mengidentifikasi proses komunikasi
2.2.2 Mengidentifikasi factor keberhasilan dan penghambat
komunikasi
2.2.3 Mengidentifikasikan faktor penyebab Keberhasilan dan
Penghambat Komunikas
2.3. Memilih media
komunikasi
2.3.1.Mendeskripsikan Media komunikasi
2.3.2. Mengidentifikasikan Media Komunikasi
http://sergur.kemdiknas.go.id
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
.4. Merencanakan komunikasi
melalui telepon
2.4.3. Memilih kalimat yang sesuai dengan tujuan pesan
3. Menerapkan prinsip‐prinsip
kerjasama dengan kolega dan
pelanggan
3.1 Mendeskripsikan kerjasama
dengan kolega dan pelanggan
3.1.1. Mendiskripsikan Komunikasi dengan kolega dan pelanggan
secara terbuka, profesional dan secara ramah tamah.
3.1.2. Mendeskripsikan etika dan bahasa yang tepat
3.1.3. Mendeskripsikan Pengaruh bahasa tubuh dalam
menghadapi kolega dan pelanggan .
3.2. Mengidentifikasi pelanggan
dan kebutuhannya
3.2.1. Mengidentifikasi Kesempatan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan
3.3. Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
3.3.1. Mentukan penampilan (grooming) yang sesuai dengan
situasi dan kondisi kegiatan kantor
3.3.2. Mendiagnosis Kuantitas kepribadian
3.3.3. Menilai Etika Profesi dalam bekerja
3.3.4. Menjelaskan Bahasa tubuh digunakan untuk membantu
penampilan pribadi
3.3.5. Mendskripsikan Jamuan bisnis sesuai dengan standar
3.4. Menerapkan bekerja dalam
tim
3.4.3. Mengkatagorikan Bentuk‐bentuk tanggungjawab masingmasing
tim
3.4.4 Menentukan Hubungan internal vertikal‐horisontal
3.4.5. Menyimpulkan Arti dan Manfaat interpersonal
relationship
4. Menerapkan keselamatan, 4.1 Mendeskripsikan 4.1.1. Menjelaskan Pengertian K3LH
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
kesehatan kerja, dan lingkungan
hidup (K3LH)
keselamatan dan kesehatan
kerja (K3)
4.1.2. Menjelaskan Tujuan K3LH pada perusahaan
4.1.3. Menjelaskan Undang‐undang Ketenaga kerjaan
4.1.4. Menguraikan pentingnya penerapan K3 di perusahaan
4.3 Menerapkan konsep
lingkungan hidup
4.3.1. Merincikan Faktor‐faktor yang mempengaruhi keselamatan
dan kesehatan lingkungan kerja
4.3.2. Mengidentifikasi bahaya di lingkungan kerja
4.3.3. mengidentifikasikan cara pencegahan bahaya di lingkungan
kerja
4.4. Menerapkan ketentuan
pertolongan pertama pada
kecelakaan.
4.4.1. Mengidentifikasi bahaya di tempat kerja
B. KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Esensial
1. Mengoperasikan aplikasi
perangkat lunak
1.1 Mendeskripsikan aplikasi
perangkat lunak
1.1.1. Membedakan fungsi penggunaan aplikasi perangkat lunak
1.1.2. Menentukan penggunaan aplikasi perangkat lunak sesuai
dengan jenis pekerjaan
1.1.4. Memilih aplikasi perangkat lunak yang sesuai dengan jenis
pekerjaan
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
1.2 Mengoperasikan aplikasi
perangkat lunak dalam
mengolah dokumen/ naskah
1.2.1. Mengurutkan langkah‐langkah memulai program aplikasi
perangkat lunak
2. Mengoperasikan aplikasi
presentasi
2.1 Mendeskripsikan aplikasi
presentasi
2.1.1. Mengurutkan langkah‐langkah memulai aplikasi presentasi
2.1.2. Memilih design tampilan presentasi
2.1.3. Menentukan layout tampilan presentasi
3. Mengelola peralatan
kantor
3.1 Melakukan prosedur
pengadaan peralatan kantor
3.1.1. Mengidentifikasi bahan, alat, dan perabot yang akan
digunakan dalam bekerja
3.1.3. menjelaskan mesin‐mesin kantor
3.1.4. menjelaskan jenis‐jenis peralatan kantor
3.3 Memelihara peralatan
kantor
3.3.1. Menjelaskan cara Pemeliharaan Peralatan yang sesuai
instruksi penggunaan
4. Melakukan prosedur
administrasi
4.1 Mengidentifikasi
dokumen‐dokumen kantor
4.1.1. Mengidentifikasikan jenis‐jenis dokumen dan surat
4.1.2. Menjelaskan bagian‐bagian dan bentuk surat secara
lengkap
4.2 Melakukan suratmenyurat
4.2.1. Menganalisis jenis surat niaga
4.2.2. Menganalisis jenis surat dinas
4.2.3. Menelaah jenis surat berdasarkan kalimat surat
4.2.4. Memilih kalimat yang sesuai dengan tujuan/perihal surat
5. Menangani penggandaan
dokumen
5.1 Memilih jenis
penggandaan dokumen yang
sesuai
5.1.1 Mengidentifikasi Peralatan yang digunakan untuk
menggandakan dokumen
5.1.2. Menjelaskan cara kerja alat atau mesin pengganda
6. Menangani 6.1.3 Menyebutkan jenis‐jenis surat
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
surat/dokumen kantor
6.1.4 Menjelaskan prosedur surat masuk buku agenda.
6.1.5 Menjelaskan prosedur surat keluar buku agenda.
6.1.7 Menjelaskan prosedur surat keluar kartu kendali.
6.1.8 Menjelaskan Prosedur surat‐surat penting dan rahasia.
6.3 Mendistribusikan
surat/dokumen
6.3.1. Menyebutkan ciri‐ciri surat dinas penting.
6.3.2. Menjelaskan tata aliran surat penting
6.4 Memproses e‐mail 6.4.1. Menjelaskan hal‐hal yang diperlukan dalam mengirim email
7. Mengelola Sistem Kearsipan 7.1. Menentukan sistem
kearsipan
7.1.1. Mendeskripsikan Azas pengelolaan kearsipan (sentralisasi
, desentralisasi dan gabungan
7.1.3. Memilih azas pengelolaan kearsipan yang sesuai
7.2. Menentukan kebutuhan
alat dan bahan
7.2.3. MendiskripsikanFungsi bahan dan alat kearsipan
7.3. Mengimpelemtasikan
sistem kearsipan
7.3.2 Menjelaskan .Langkah penyimpanan dan penemuan
kembali arsip
7.3.3. Menjelaskan Penyusutan dokumen
8. Membuat dokumen 8.1 Membuat catatan dikte
untuk menghasilkan
naskah/dokumen
8.1.1. Membaca tulisan steno bhs Indonesia
8.1.2. Membaca tulisan singkatan steno bhs Inggeris
9. Memproses perjalanan
bisnis
9.1 Mendeskripsikan
perjalanan bisnis
9.1.1. Menjelaskan Isi Daftar perjalanan bisnis
TANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
9.1.2. Mengklasifikasikan dokumen perjalanan bisnis dalam
negeri
9.1.3. Mengkonfirmasi tiket perjalanan ke biro perjalanan .
9.1.4. Menyusun laporan keuangan perjalanan
9.2 Melaksanakan
penanganan perjalanan bisnis 9.2.3. Memilih informasi yang diperlukan dalam menyusun
daftar perjalanan dinas.
9.2.4 Mendeskripsikan cara reservasi akomodasi dan
transportasi
9.2.5. Sebutkan dan jelaskan macam‐macam dokumen
perjalanan!
9.2.6. Sebutkan dan jelaskan alat‐alat pembayaran dalam
perjalanan!
9.2.7. Sebutkan penyusunan biaya perjalanan dinas!
10.1 Mempersiapkan
pertemuan/rapat 10.1.1. Menjelaskan pengertian rapat, tujuan jenis dan teknik
penyelenggaraan rapat : Persiapan, penyelenggaraan dan
pelaporan
10.1.2.Mengidentifikasi keperluan rapat : bahan, alat dan
akomodasi
10.1.3. Menjelaskan macam‐macam tata ruang rapat
ANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
10.1.Mengidentifikasi tata ruang rapat dengan cekatan dan
bertanggujng jawab
10.2 Menyelenggarakan
pertemuan/rapat
10.2.2.Menjelaskan teknik memimpin rapat
10.2.3.Menjelaskan teknik mengajukan pendapat
10.2.4. Memahami tata tertib rapat
10.3 Membuat catatan hasil
pertemuan/rapat
10.3.1. Menjelaskan catatan hasil pertemuan rapat/pertemuan
10.3.2. Menjelaskan Isi Catatan hasil pertemuan
rapat/pertemuan
11. Mengelola dana kas kecil 11.1 Mempersiapkan
administrasi kas kecil
11.1.1. Memilih jenis‐jenis bukti transaksi kas
11.1.2. Menentukan bukti transaksi pengeluaran
11.1.3. Menentukan bukti transaksi pemasukan
11.3 Mendokumentasikan
bukti‐bukti kas kecil
11.3.1. Menjelaskan metode pencatatan dana kas kecil
11.3.2. Menentukan pencatan bukti transaksi dana kas kecil
12. Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
12.1 Mendeskripsikan
pelayanan prima
12.1.1. Menjelaskan Prinsip‐prinsip pelayanan
12.1.2. Mengidentifikasi Kualitas jasa pelayanan prima
12.1.3. Mengidentifikasi Karakteristik pelayanan prima
12.2 Mengidentifikasi
pelanggan dan kebutuhannya
12.2.1. Mengidentifikasi pelanggan
12.2.2. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
12.3 Memberikan pelayanan
kepada pelanggan
12.3.1. Menjelaskan kerangka pelayanan kepada pelanggan
13. Mengelola data/informasi
di tempat kerja
13.1 Mengumpulkan
data/informasi
13.1.2.Menentukan Metode pengumpulan dapat
dipertanggungjawabkan dan menggunakan sumber daya serta
waktu yang efisien
13.2 Melakukan pengolahan
data/ informasi
13.2.1.Mengelola informasi dalam bentuk yang sesuai untuk
dianalisa, dipersepsikan dan diserbarluaskan sesuai prosedur
organisasi
C. PEDAGOGI
Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran (Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
1. Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip‐prinsip
pembelajaran yang mendidik
1.1. Menjelaskan berbagai teori
belajar dan prinsip‐prinsip
pembelajaran yang mendidik
terkait dengan mata pelajaran
bidang keahlian administrasi
perkantoran
1.1.1. Menjelaskan berbagai teori pembelajaran
1.1.2. Menjelaskan prinsip‐prinsip pembelajaran kreatif dan
inovatif
1.2. Menentukan pendekatan
dan strategi pembelajaran yang
sesuai dengan materi ajar mata
pelajaran bidang keahlian
administrasi perkantoran
1.2.1. Memilih Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan
materi ajar mata pelajaran bidang keahlian administrasi
perkantoran
1.2.2. Merancang model pembelajaran mata pelajaran bidang
keahlian administrasi perkantoran dengan pendekatan CTL
Administrasi Perkantoran
2.1. Merancang
Kurikulum/Silabus Administrasi
perkantoran
2.1.1. Menentukan Standard Kompetensi Administrasi
Perkantoran
2.1.2. Merumuskan Kompetensi Dasar Administrasi Perkantoran
2.1.3. Merumuskan Indikator Pembelajaran Administrasi
perkantoran
2.1.4. Memilih materi pokok mata pelajaran bidang keahlian
administrasi perkantoran
2.1.5. Memilih kegiatan belajar yang sesuai untuk mencapai
tujuan pembelajaran Administrasi Perkantoran
2.1.6. Memilih teknik evaluasi proses dan hasil belajar
adminstrasi perkantoran
2.1.7. Menentukan Alokasi Waktu
2.1.8. Memilih sumber pembelajaran mata pelajaran bidang
keahlian administrasi perkantoran
3.1. Merancang RPP
Administrasi perkantoran
2.2.1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
2.2.3. Memilih Model Pembelajaran yang tepat
2.2.4. Menentukan Langkah‐langkah pembelajaran
2.2.5. Memilih Media Pembelajaran
3. Melaksanakan pembelajaran
Administrasi perkantoran
3.1. Melatih kegiatan awal
pembelajaran Administrasi
perkantoran
3.1.1.Melaksanakan persiapan siswa dalam proses pembelajaran
3.1.2.Melaksanakan Kegiatan Apersepsi
3.2. Melatih kegiatan inti
pembelajaran Administrasi
3.2.1. Melaksanakan pelaksanakan Pembelajaran sesuai dengan
tujuan pembelajaran
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR Indikator Esensial
perkantoran 3.2.2. Melaksanakan penggunaan Model Pembelajaran yang
sesuai dengan materi yang akan di sampaikan
3.2.3. Melaksanakan penggunaan Media Pembelajaran
3.2.4. Melaksanakan kegiatan Penilaian Proses
3.3. Melatih kegiatan akhir
pembelajaran Administrasi
perkantoran
3.3.1.Melaksanakan refleksi Pembelajaran
3.3.2.Merangkum proses Pembelajaran
3.3.3.Merancang kegiatan Penugasan
4. Melaksanakan Evaluasi
Pembelajaran Administrasi
Perkantoran
4.1.Mimilih Instrumen Penilaian
Administrasi Perkantoran
4.1.1.Memilih Jenis evaluasi Pembelajaran
4.1.2.Melaksanakan penyusun Instrumen Evaluasi
4.2.Melaksanakan Penilaian
Hasil Belajar administrasi
Perkantoran
4.2.1. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk
menentukan tingkat ketuntasan belajar.
4.2.2. Menggunakan informasi ketuntasan belajar untuk
merancang program remedy
4.2.2. Menggunakan informasi ketuntasan belajar untuk
merancang program pengayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar