DAFTAR BERITA

Sabtu, 05 Januari 2013

Pemerintah keluarkan rekomendasi kompetisi IPL

Agung Laksono 
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga mengeluarkan rekomendasi untuk penyelenggaraan kompetisi Indonesia Premier League (IPL), setelah sebelumnya memberikan rekomendasi untuk Indonesia Super League (ISL).

Keputusan pemberian rekomendasi itu dilakukan setelah pemerintah melakukan pertemuan dengan Tim Task Force dan BOPI di Kantor Kemenpora Jakarta, Sabtu.

"Dalam rangkat pembinaan para pemain, pelatih dan insan sepakbola lainnya maka penyelenggaraan kompetisi merupakan satu langkah yang penting dilakukan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan rekomendasi bagi penyelenggaraan kompetisi (ISL-IPL)," kata Menpora ad interim Agung Laksono.

Menurut dia, meski telah memberikan rekomendasi terkait pelaksanaan kompetisi, pihaknya tetap memberikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh kedua pihak.

Persyaratan yang harus dipenuhi itu adalah komitmen untuk menghilangkan dualisme kepengurusan organisasi sepakbola nasional serta penyatuan kompetisi. 

Selain itu adalah  komitmen membentuk satu timnas yang diwakili kekuatan nasional (IPL dan ISL) dan komitmen untuk menyelesaikan segala bentuk kewajiban klub-klub terhadap atlet, pemain dan lain-lain yang tertunda pada kompetisi 2011/2012.

"Meski rekomendasi telah turun, evaluasi akan terus kami lakukan. Jika komitmen ini tidak dijalankan maka rekomendasi akan kami cabut," ujar Agung.

Agung mengatakan Kemenpora serta BOPI akan terus memantau dan melakukan evaluasi setiap tujuh hari. Hasil evaluasi ini akan dijadikan acuan untuk rekomendasi berikutnya.

Sementara itu, Agung menambahkan, pembentukan timnas diharapkan mampu menjadi tonggak rekonsiliasi, sehingga bisa terbentuk timnas yang kuat dan diisi dengan pemain-pemain terbaik yang ada saat ini.

"Timnas embrio penting untuk rekosiliasi," katanya.

Saat ini PSSI dibawah pimpinan Djohar Arifin Husin memanggil 51 pemain dari ISL dan IPL untuk menjalani seleksi timnas untuk Pra-Piala Asia 2015. Dengan pemanggilan pemain dari banyak kompetisi ini diharapkan mampu membangun timnas yang kuat.

Tidak ada komentar: