DAFTAR BERITA

Rabu, 12 September 2012

Kloter Pertama Sumut Berangkat 21 September

Kakanwil Kemenagsu Drs.H.Abd. Rahim, M.Hum memaparkan makalah tentang persiapan Haji 1433 H dan sertifikasi guru didampingi Ketua Komis E DPRS-SU  

INFO TABAGSEL.com-Kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji asal Sumatera Utara akan diberangkatkan pada 21 September dan akan diterbangkan langsung ke Madinah.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi E DPRD Sumut di Medan, Senin, Kakanwil Kementerian Agama Sumut Abdul Rahim mengatakan, pemberangkatan ke Madinah itu akan dilangsungkan hingga kloter 13.

Sedangkan kloter 14 hingga 19 yang masuk gelombang kedua asal Sumut akan diberangkatkan langsung ke Makkah.

Direncanakan, kloter pertama asal Sumut tersebut akan tiba kembali ke Tanah Air pada 31 Oktober dan kloter terakhir pada 20 November 2012.

"Rencananya, pelepasan kloter pertama dan terakhir akan dihadiri Gubernur dan muspida Sumut," katanya.

Menurut dia, untuk menghindari kemungkinan adanya hambatan atau masalah dalam penerbangan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan barang bawaan calon jamaah secara berkala.

Pemeriksaan pertama yang bersifat preventif akan dilakukan daerah untuk mengetahui keberadaan benda yang tidak diperbolehkan untuk dibawa dalam penerbangan ke Tanah Suci.

Selanjutnya, pemeriksaan yang bersifat represif ketika melewati pemeriksaan embarkasi. "Diperiksa ketika akan check in," katanya.

Kemudian, untuk membantu kelancaran dan pengamanan bagi jamaah haji, pihaknya menerapkan pengamanan yang melibatkan berbagai instansi.

Untuk pengamanan di dalam lingkungan Asrama Haji, pihaknya akan meminta bantuan personel Polda Sumut yang dibantu petugas security Asrama Haji Medan.

Sedangkan di kawasan Bandara Polonia Medan, proses pengamanannya akan dilakukan prajurit Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Udara.(Antara)

Tidak ada komentar: