DAFTAR BERITA

Senin, 06 Agustus 2012

Adanya Kehidupan di Mars Akan Dipastikan NASA Senin

Kawah Eberswalde di Mars (lingkaran di kanan) dahulu diduga sebagai danau yang berisi air. Di sebelah kiri adalah Kawah Holden yang lebih besar.(ESA/DLR/FU Berlin .G. Neukum))

INFO TABAGSEL.com-Pembuktian adanya kehidupan lain di luar Bumi, setidaknya di Planet Mars, akan mulai dilakukan hari Senin (6/8/2012) ini. Wahana Luar Angkasa milik Badan Luar Angkasa Amerika, NASA, Mars Science Laboratory, senilai 2,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 25 triliun), akan melakukan langkah awal pembuktian itu saat berada di permukaan Planet Mars hari Senin.
Ilmuwan menemukan adanya tanda-tanda terdapat air di Planet Mars yang juga dikenal dengan Planet Merah, planet tetangga Planet Bumi. Tanda-tanda ini yang memperkuat dugaan pernah adanya kehidupan lain di Mars, walaupun planet ini kini sebuah tempat yang kering dengan atmosfir yang tipis dan musim dingin yang ekstrim dan badai debu.
Pihak NASA sebagaimana dikutip kantor berita AP melaporkan, pihaknya akan mencari tahu apakah wahana Mars Science Laboratory dan kendaraan pejelajahnya Curiosity yang didesain untuk mengambil tanah yang menunjukkan adanya kehidupan. Semua data ini akan dikirim ke NASA untuk persiapan sebuah misi berawak ke Mars.
Wahana ini diperkirakan akan mendarat pada pukul 01.31 waktu timur Amerika atau pukul 12.31 WIB hari Senin. Membutuhkan waktu 14 menit setelah mendarat, untuk wahana NASA itu mengirim sinyal dari Mars ke Bumi.
Pada hari Sabtu malam, wahana NASA itu berada pada jarak 420.039 kilometer dari Mars. Wahana ini bergerak dengan kecepatan 8.000 mil atau 13.000 kilometer per jam mendekati planet ini. "Penjelajah Curiosity dalam kondisi siap dengan semua peralatan diharapkan beroperasi sebagaimana diharapkan," ujar NASA dalam pernyataannya.
Penjelajah bertenaga nuklir itu merupakan yang terbesar yang pernah dibuat untuk eksplorasi sebuah planet. Beratnya sekitar satu ton setara ukurannya dengan sebuah mobil kecil. Kendaraan ini akan membawa batu dan tanah, serta melakukan tes radiasi.



 
Sumber :AFP,Kompas

Tidak ada komentar: