6,71%
9,12%
6,99%
19,24%
15,01%
11,77%
9,43%
7,51%
6,68%
5,1%
1,5%
0,95%

Sabtu, 26 Januari 2013

Lukisan Kebun Teh PTPN IV,lukisan terbesar versi MURI

 hamparan kebun teh PT Perkebunan Nusantara IV, Sumatera Utara


INFO TABAGSEL.com-Lukisan hamparan kebun teh PT Perkebunan Nusantara IV, Sumatera Utara, dengan bahan bubuk teh mendapat rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai lukisan terbesar dan kreatif.

“Yah, benar, PTPN (Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara) IV dapat rekor MURI dari lukisan hamparan kebun teh Sidamanik PTPN IV dengan bahan bubuk teh terbesar yang dikerjakan pengrajin dan seniman binaan manajemen,” kata Humas PTPN IV, Syahrul Siregar, yang dikonfirmasi ANTARA soal peraihan MURI itu melalui telepon selularnya di Medan, Sabtu.

Manajemen senang dengan peraihan rekor MURI itu karena mengandung banyak makna mulai dari menunjukkan komitmen PTPN IV mempertahankan dan meningkatkan kualtas hasil tanaman tehnya hingga kemampuan membina dan mewujudkan kreativitas pengrajin binaan perusahaan.

Menurut dia, dewasa ini, selain berupaya memaksimalkan kinerja perusahaan dan membina serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) perusahaan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu berupaya mendorong pengrajin binaan untuk meningatkan kreativitas.

PTPN IV mendukung program pemerintah dalam soal ekonomi kreatif yang bertujuan mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat dan negara.

Koordinator Lukisan Hamparan Kebun Teh PTPN IV itu, Syafri Ali, menyebutkan bahwa lukisan di atas kain kanvas berukuran 4X12 meter yang rampung dikerjakan selama 21 hari (14 Desember 2012 s.d. 4 Januari 2013) itu dikerjakan tujuh orang yang terdiri atas pengrajin dan seniman.

Lukisan yang menggambarkan suasana kebun teh di Kebun Sidamanik milik PTPN IV itu menghabiskan 120 kg bubuk teh, sebagian besar atau hampir 80 persen di antaranya merupakan bubuk teh sisa yang dikumpulkan dari sejumlah warung kopi (warkop) di Medan, mulai dari Warkop Harapan, Warkop Jalan Halat, Amaliun, dan Jalan Puri.

“Bisa dikatakan gratislah bubuk teh itu karena kami hanya sekadar memberi ‘uang rokok’ kepada pemilik warkop yang memberikan bubuk teh bekas itu,” kata Syafri yang merupakan pengrajin dari “Syaf Handycraft” yang sudah cukup dikenal di Medan.

Bubuk teh sisa itu disortir untuk menghilangkan sampah, seperti batang rokok dan kulit telur, kemudian mendapat proses pengeringan alami menggunakan panas matahari sebelum digunakan untuk lukisan tersebut.

Dijelaskan, awalnya lukisan itu diperkirakan rampung satu bulan, tetapi nyatanya tidak sampai alias hanya 21 hari.

Menyoal biaya lukisan yang idenya mucul saat berkumpul di Taman Budaya Medan itu dan mendapat dukungan penuh dari PTPN IV, menurut Syafri, berkisar Rp165 juta

Polisi tangkap satu penculik anak Nassar KDI


INFO TABAGSEL.com-Setelah lebih dari sepekan menghilang, anak dari pasangan Nassar-Muzdalifah, Siti Nurjanah (10) akhirnya ditemukan oleh tim Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Sabtu (26/1) subuh. Gadis yang kerap disapa Nana tersebut ditemukan berikut satu orang laki-laki yang diduga sebagai penculiknya.

"Iya tadi jam 03.00 WIB ditemukan bersama dua orang penculiknya. Yang berhasil ditangkap inisial F," ujar Kasat Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heriawan, Sabtu (26/1).
 


Herry mengatakan, Nana ditemukan di daerah Cibubur bersama dua orang penculiknya, namun yang berhasil diringkus hanya satu orang. "Penculiknya ada dua orang. Tapi yang satu berhasil kabur," tutur Herry lagi. 


Saat ini Nana yang masih dalam kondisi lemah sedang dalam perjalanan bersama petugas menuju Polda Metro Jaya. 


Sebelumnya, anak tiri penyanyi dangdut Nassar KDI diculik pada Kamis 17 januari 2013 lalu. Saat Nana sedang berada di luar gerbang sekolah, tiba-tiba ada sesosok orang misterius yang membawa Nana dengan menggunakan sepeda motor. 
Sumber: Merdeka.com

Irfan Bachdim Resmi Pindah ke Liga Thailand

Irfan Bachdim diperkenalkan di Chonburi FC.


INFO TABAGSEL.com- Irfan Bachdim akhirnya resmi pindah ke klub Thailand. Hal tersebut setelah pemain timnas Indonesia itu menandatangani kontrak selama satu tahun dengan klub Thailand Premier League (TPL), Chonburi FC, Sabtu (26/1). 

Seperti dilansir dari situs resmi Chonburi, Irfan menjadi pemain asing terakhir yang bergabung dengan berjuluk The Shark itu. Manajemen klub yang musim lalu finis di peringkat kedua TPL itu kini hanya menunggu penyelesaian international transfer certificate (ITC).

Di Chonburi, mantan pemain Persema Malang itu akan memakai jersey 20, nomor yang dipakai pemain berdarah Belanda ini ketika melakoni pertandingan di turnamen Chonburi Invitation Cup.
“Irfan sudah memperlihatkan permainan bagus, dan cocok dengan gaya sepakbola di Thailand. Dia telah memperlihatkan potensinya selama satu pekan terakhir. Chonburi FC berharap kehadiran Irfan bisa meningkatkan performa tim di musim nanti,” demikian ujar pernyataan Chonburi.
Sebelum melakoni uji coba di Chonburi, Irfan terlebih dahulu melamar ke Bec Tero, klub yang musim lalu finis di urutan ketiga TPL. Namun di klub tersebut, pemain berusia 24 tahun itu ditolak.REPUBLIKA.CO.ID

Victoria Azarenka Juara Australia Terbuka 2013


INFO TABAGSEL.com-Juara bertahan dari Belarusia,Victoria Azarenka kembali merebut Juara Australia Terbuka 2013 setelah mengandaskan petenis Cina yang berbahaya Li Na dengan skor 4-6,6-4,6-3, dalam final Australia Terbuka pada Sabtu (26/1).

Azarenka tampak lebih kuat dibanding Li Na yang sudah berusia 30 tahun, yang sampai dua kali terputar pergelangan kakinya dan terjatuh keras dua kali.
Bagaimanapun Klikpara penonton di Arena Rod Laver memberiKlikdukungan kepada Li Na karena mereka tampaknya masih mengingat Azarenka yang meminta waktu untuk istirahat ketika menghadapi Sloane Stephens di semi final.
Dia dituduh tidak sportif karena saat itu dianggap sebenarnya tidak memerlukan istirahat namun belakangan menegaskan karena menghadapi masalah pernafasan.
"Sayangnya, Anda harus melewati jalur yang berat untuk mencapai hal yang besar," tutur Azarenka.
"Itu yang membuatnya menjadi amat khusus bagi saya. Saya melewatinya dan saya masih tetap mampu mencium piala yang indah."
Azarenka sendiri tampaknya tidak terlalu terganggu dengan dukungan para penonton kepada Li Na sepanjang pertandingan.
"Saya akan tetap menyimpan kenangan khusus dari lapangan ini dan Anda akan selalu di hati saya," tutur Azarenka kepada para penonton dalam wawancara selepas pertandingan.
Kemenangan ini merupakan gelar Grand Slam kedua baginya setelah meraih juara Australia Terbuka 2012.

VICTORIA AZARENKA

Victoria Azarenka
Country:
Belarus
Birth Date:
31 July 1989
Birth Place:
Minsk, Belarus
Residence:
Scottsdale, AZ, USA
Height:
1.8 metres
Weight:
60 kilos
Plays:
Right
Singles Ranking: 1
Doubles Ranking: 368

Atasi Banjir, Cuaca di Jakarta Dimodifikasi

Operasi teknologi modifikasi cuaca diperkirakan kurangi hujan sebanyak 30% di Jakarta


INFO TABAGSEL.com-Modifikasi cuaca dilakukan untuk mencegah banjir di Jakarta mulai Sabtu (26/1) oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional BNPB dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT.

Operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di atmosfer dilakukan untuk mendistribusikan curah hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya, menurut keterangan BNPB.

Dalam operasi teknologi modifikasi cuaca ini, ada dua upaya yang dilakukan yaitu menghambat pertumbuhan awan, dan menjatuhkkan hujan di luar daerah rawan banjir.

"Tujuannya adalah mengurangi hujan sehingga banjir dapat diredam," jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo menjelaskan pelaksanaan operasi teknologi modifikasi cuaca ini dengan menggunakan empat pesawat terbang milik Angkatan Udara dan CASA untuk mempercepat awan mnejadi hutan.

Sementara itu, upaya untuk menghambat petumbuhan awan akan dipasang di dua puluh lima titik. Operasi teknologi modifikasi cuaca ini diperkirakan dapat mengurangi hujan di Jakarta sebesar 30%.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta kepala BNPB untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mendistribusikan hujan di wilayah ibukota dan sekitarnya.

Rencananya, operasi modifikasi cuaca ini akan dilakukan BNPB dan BPPT selama dua bulan, dimulai Sabtu 26 Januari sampai 25 Maret 2013.

Dana untuk melakukan operasi modifikasi cuaca ini sebesar Rp 13 milyar, yang berasal dari dana siap pakai BNPB.

Vonis mati terdakwa kerusuhan bola Mesir

Kerusuhan di stadion di Port Said berujung pada kematian 74 orang.

INFO TABAGSEL.com-Pengadilan Mesir memvonis hukuman mati kepada 21 orang terdakwa dalam kasus kerusuhan antara penggemar sepakbola yang menewaskan 74 orang pada Februari tahun lalu.

Kerusuhan dimulai beberapa menit setelah pertandingan liga yang digelar di stadion di Port Said antara klub lokal al-Masry dan klub Kairo, al-Ahly.

Kekerasan yang merupakan tragedi sepakbola terburuk di Mesir, memicu kerusuhan di Kairo dan menyebabkan 16 orang tewas.

Hukuman itu dijatuhkan sehari setelah kerusuhan yang terjadi dalam unjuk rasa oposisi memperingati dua tahun revolusi Mesir.

Tahun lalu, kerusuhan sepakbola menyebabkan liga di negera tersebut dihentikan.

Peristiwa itu terjadi ketika fans al-Masry menyerbu lapangan, melempar batu dan kembang api kepada pengunjung.

Saat itu, pasukan keamanan disebutkan hanya melakukan sedikit upaya untuk mencegah kerusuhan.

Hakim mengatakan bahwa dia akan mengumumkan vonis untuk 52 terdakwa lainnya pada 9 Maret mendatang.

Megawati: Warga Batak... dukunglah Effendi Simbolon



Bakal calon gubernur Sumatera Utara yang juga politisi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon (kiri), bersalaman dengan calon wakil gubernur Sumatera Utara, Djumiran Abdi (tengah), didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara, Panda Nababan (kanan). Simbolon-Abdi digadang-gadang jadi gubernur-wakil gubernur Sumatera Utara 2013-2018. (FOTO ANTARA/Irsan Mulyadi)

Medan (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI-P, Megawati Soekarnoputeri, meminta masyarakat Batak mendukung Effendi MS Simbolon sebagai calon gubernur Sumatera Utara pada 7 Maret 2013 nanti. Hari itulah Sumatera Utara menentukan gubernur barunya.

"Saya minta tolong agar masyarakat Batak termasuk di Samosir mendukung Effendi MS Simbolon dengan memilih beliau nanti," katanya di Samosir, Sabtu.

Dia mengatakan itu usai menyaksikan Simbolon mendapat/menerima Bulang-bulang dari marga Limbong. Secara adat Batak, marga Limbon ini merupakan tulang atau paman dari pihak ibunya Simbolon, di Desa Sianjur Mula-Mula. Megawati sendiri dalam kesempatan itu mendapat Hoba-Hoba dari marga Limbong itu.

Simbolon  didampingi istrinya Desy boru Tobing; didoakan marga Limbong agar tetap sehat sehingga bisa terus berjuang untuk menang dalam pemilihan nanti serta kalau menjadi gubernur Sumatera Utara tidak terjerumus dalam korupsi.

Menurut Megawati, kalau nantinya Simbolon terpilih sebagai gubernur di sana, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Batak.

Seusai mendapat Bulang-bulang dan doa dari marga tulang-nya itu, Simbolon akan mengintensifkan perbaikan jalan dan sarana infrastruktur lain di Samosir juga akan menjadi salah satu yang diprioritaskan. 

Jumat, 25 Januari 2013

Tragedi Bunuh Diri sang Direktur Utama

INFO TABAGSEL.com-Sudiro Andi Wiguno (35 tahun) dikenal sebagai sosok yang tidak pernah putus asa, sangat percaya diri dan selalu bisa memotivasi karyawannya. Siapa sangka sang Direktur Utama PT Dayaindo Resources International Tbk itu mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Sudiro yang kelahiran 28 Februari 1978 ditemukan gantung diri di kamar rumahnya pada Rabu pagi 23 Januari 2013. Bapak 3 anak ini menurut polisi tewas dengan tanda-tanda bunuh diri di rumahnya di Pondok Ranji Ciputat.

Semua yang mengenalnya begitu terkejut mendengar kabar kematiannya yang tidak biasa itu. Karena Sudiro dikenal sebagai sosok orang muda yang penuh semangat, termasuk ketika perusahaannya terkena masalah dia selalu optimisitis.

Kematian Sudiro yang juga Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menjadi tragedi di kalangan pebisnis dan pasar modal Indonesia, karena perusahaannya tercatat sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia.

Alasan di balik kematian Sudiro begitu misterius. Polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap pemicu bunuh diri sang direktur utama.



"Kita masih menunggu hasil resmi, kita tidak mau menambah berita-berita yang belum pasti. Kita menghormati beliau untuk menghindari fitnah," kata Corporate Secretary PT Dayaindo Resources International Tbk Deni Hidayat  Jumat (25/1/2013).

Deni mengaku sangat terkejut dengan berita kematian bosnya itu. "Saya masih tidak percaya bisa terjadi seperti itu. Tapi ini masih penyelidikan polisi, saya tidak mau menduga-duga, tidak ikut berita simpang siur," ungkapnya.

Ketika ditanya apakah tindakan bunuh diri yang dilakukan Sudiro terkait masalah perusahaan, Deni menjawab ,"Saya kenal beliau, untuk urusan pekerjaan tidak pernah depresi. Beliau selalu optimistis bahwa semua ada solusi. Terakhir saya ketemu beliau masih normal. Jadi tidak mungkin karena itu, saya kurang percaya".

Di mata Deni, Sudiro adalah pribadi yang sangat optimistis, sangat percaya diri, tidak pernah putus asa meski seberat apapun masalah pasti ada solusi. "Beliau bisa memotivasi rekan-rekan di kantor. Kalau ada masalah ke karyawan dimotivasi agar tetap bekerja," ungkap Deni.

Deni juga tak mau mengomentari apakah kematian Sudiro karena masalah pribadi. "Kalau lebih ke pribadi, saya tidak bisa jawab. Itu kan personal. Sampai terakhir ketemu Pak Sudiro, semua baik-baik saja," katanya. (
Liputan6.com)

Pulau karang tiba-tiba muncul di tengah laut Madura



INFO TABAGSEL.com-Pulau karang sepanjang 50 meter di tengah laut, tiba-tiba muncul di pesisir yang berada di Desa Labuhan, Kec Sepuluh, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Fenomena kemunculan gundukan karang setinggi sekitar tiga meter ini, diyakini masyarakat sekitar sebagai tanda akan terjadinya bencana.
Menurut warga sekitar, sebelum cuaca ekstrem melanda Laut Jawa, pulau baru di tengah laut yang terdiri dari puluhan batu karang dengan ukuran besar dan ribuan lebih karang berukuran kecil itu, tidak pernah ada. 
"Karang-karang dengan ukuran dan bentuk yang tidak lazim (tidak seperti yang biasa dilihat warga di bibir pantai) itu, muncul awal Januari lalu," kata Nur Afiah, warga Desa Labuhan, Rabu (23/1).
Awalnya, penduduk sekitar mengira cuma kumpulan pasir di tengah laut yang terdorong oleh ombak besar. "Tapi lama-lama tambah membesar, membentuk seperti kapal raksasa yang terdampar. Karena penasaran, penduduk akhirnya mendekat dan ternyata ada banyak karang. Bentuknya aneh-aneh, ada yang seperti tengkorak manusia, ada yang berbentuk lempengan dan karang yang kecil-kecil seperti tulang belulang."
Fenomena alam ini, dikhawatirkan sebagai pertanda akan terjadinya petaka di kawasan sekitar. "Terus terang saja, kami, warga di sini kaget dan takut, soalnya batu berukuran besar ini sebelumnya tidak ada, tapi kenapa kok tiba-tiba bermunculan, jangan-jangan ini isyarat sesuatu," sahut Firman (35), warga Desa Labuhan yang lain.
Meski demikian, misteri kemunculan pulau karang yang secara tiba-tiba ini, belum bisa dibuktikan secara pasti kalau nantinya akan terjadinya bencana. Hanya saja, kekhawatiran dan berbagai opini tetap muncul di desa setempat.
Beberapa di antaranya, menganggap kalau Desa Labuhan akan segera tenggelam disapu air laut. Ada juga yang berpikir, untuk selalu waspada saja, karena bencana apapun bakal terjadi dengan munculnya pulau karang tersebut. 
"Bentuk bencana itu, kita ya nggak tahu. Hanya saja kita patut waspada dan selalu istighfar, itu saja," kata Nur Afiah lagi, menimpali ucapan Firman.
Kendati memunculkan kekhawatiran dan spekulasi bernuansa mistis, warga sekitar tetap memanfaatkan keanehan pulau karang tersebut sebagai obyek wisata baru. Para nelayan di Desa Labuhan-pun, memanfaatkan perahunya untuk mengantar wisatawan lokal melihat dari dekat keunikan batu karang di pulau karang tersebut.
Cukup Rp 4 ribu per kepala, bisa mengobati rasa penasaran warga. Tak hanya warga di Pulau Madura yang berbondong-bondong ingin menyaksikan sendiri pulau karang itu, warga dari Surabaya, Sidoarjo, Gersik pun tak mau ketinggalan ingin menyaksikan fenomena alam tersebut.
Sumber: Merdeka.com

Kemlu Pulangkan 82 WNI Korban Perdagangan Orang dari Malaysia

INFO TABAGSEL.com- segera memulangkan 82 WNI korban Tindak Pidana Perdagangan Orang dari Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 28 Januari 2013 dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia GA 821 ETA 13.55 WIB. Kedatangan mereka juga akan didampingi langsung oleh Duta Besar RI untuk Malaysia dan akan disambut oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu dan Pejabat dari kementerian/instansi terkait.

Setibanya di tanah air, para WNI akan diserahkan kepada Bareskrim Polri selaku Gugus Tugas TPPO Penegakan Hukum untuk penyelidikan kasusnya di Indonesia dan Kementerian Sosial RI selaku Gugus Tugas Rehabilitasi Sosial untuk pemulangan ke daerah asalnya masing-masing.

Proses serah terima tersebut akan berlangsung di Lounge TKI, Terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta.

Ke-82 WNI tersebut merupakan bagian dari 104 WNI yang berhasil dibebaskan dari tindak kejahatan perdagangan orang pihak kepolisian IPPD Cheras dan Imigrasi Port Klang, Selangor, Malaysia dan ditindaklanjuti oleh KBRI Kuala Lumpur.

Mereka dipekerjakan di Malaysia dan akan diberangkatkan ke sejumlah negara Timur Tengah untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga tanpa melalui proses perekrutan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Para korban TPPO tersebut berasal dari berbagai provinsi di Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ke-104 WNI direkrut oleh 14 PPTKIS yang tersebar di wilayah Jakarta, Semarang, dan Surabaya yaitu PT. Mangun Jaya Perkasa, PT. Rosasena Prima Jaya, PT. Karya Semesta Perkasa, PT. Awan Bina Insani, PT. Nurani Indah Perkasa, PT. Interindo Mitra Sukses, PT. Aula Graha, PT. Dafa Putra Jaya, PT. Prayogo Prajogo, PT. Eka Putra Abadi, PT. Solusi Sukses Mandiri, PT. Ansfrida Family, PT. Sinar Insani Barokah dan PT. Sinergi Bina Karya.

Peristiwa pembebasan tersebut berawal pada 1 Desember 2012 ketika Imigrasi Port Klang, Selangor melaporkan ke KBRI Kuala Lumpur bahwa pihaknya berhasil menyelamatkan 105 orang pekerja asing, dimana 93 diantaranya merupakan WNI, yang direkrut oleh agen setempat bernama AP Sentosa Sdn. Bhd dan dijanjikan untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan cleaning service di Malaysia.

Selanjutnya, pada 7 Desember 2012, KBRI Kuala Lumpur bekerjasama dengan Kepolisian IPPD Cheras berhasil membebaskan 11 WNI yang disekap di dalam sebuah apartemen di Bukit Jalil, Kuala Lumpur untuk diberangkatkan ke kawasan Timur Tengah, termasuk ke negara-negara yang tidak lagi menjadi tujuan penempatan TKI karena adanya moratorium yaitu Arab Saudi, Kuwait dan Yordania atau karena situasi politik domestik yang tidak kondusif seperti Suriah dan Mesir.

Pemerintah Indonesia menaruh perhatian khusus terhadap isu tindak pidana perdagangan manusia dan keberadaan para WNI domestik yang sangat rentan terhadap tindak kejahatan tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kasus serupa, Kemlu terus bekerjasama dengan instansi terkait di dalam negeri.

Kemlu juga mendorong penegak hukum untuk memberikan tindakan yang tegas terhadap perusahaan pengerah TKI swasta yang memberangkatkan TKI ke negara-negara yang termasuk dalam moratorium pengiriman PLRT.

Tindakan tersebut yang secara jelas melanggar Undang-Undang No. 39 Tahun 2004 mengenai Penempatan dan Perlindungan TKI ke Luar Negeri dan Undang-Undang No. 21 Tahun 2007 mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Selanjutnya Bareskrim Polri akan mengusut tuntas kasus dimaksud.

Sementara itu, ke-22 WNI korban TPPO lainnya belum dipulangkan karena masih harus hadir di Mahkamah guna memberikan kesaksian terkait kasus tersebut. (sumber: Dit. PWNI dan BHI/Dit.Infomed)

Chairuman di Gedung nasional Padangsidimpuan

Kandidat Gubsu Dr H.Chairuman Harahap, SH, MH disambut penuh hangat seribuan masyarakat Padangsidimpuan - Tapsel di gedung nasional Kota Padangsidimpuan yang melabuhkan harapannya kepada Cagubsu nomor 3 ini.(foto,Analisa/istimewa)

INFO TABAGSEL.com-Masyarakat Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan melabuhkan harapannya kepada Dr H.Chairuman Harahap, SH, MH untuk membangun Sumatera Utara. Chairuman diharapkan menjadi pemimpin dan mengukir prestasi seperti para pendahulunya.
"Sejarah menjadi fakta penting yang mengatakan putra asal Tapanuli Selatan (Tapsel) telah berhasil memimpin dan membangun Sumatera Utara. Untuk itu kita tidak ragu untuk memilih Chairuman Harahap menjadi Gubsu," ujar Ketua DPD Golkar Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution, didampingi Ketua DPD Kabupaten Tapsel Rahmat Nasution dan Ketua DPC PPP Kota Padangsidimpuan Adnan Buyung Lubis, dalam pernyataan bersamanya di gedung nasional Kota Padangsidimpuan, kemarin. Acara malam itu juga sebagai sarana silaturahim dengan warga Kota Padangsidimpuan.

Pernyataan Irsan sepertinya bukan tanpa alasan. Antusias masyarakat yang besar menunjukkan besarnya dukungan masyarakat Padangsidimpuan dan Tapsel untuk tokoh satu ini. Kehadiran Chairuman disambut hangat sekira 1000 orang yang memenuhi gedung tersebut.

Chairuman terlihat akrab dengan semua masyarakat yang hadir, termasuk ketika Cagubsu nomor urut 3 ini menyampaikan terimakasihnya pada sejumlah tokoh masyarakat yang hadir. Para ibu-ibu yang hadir spontan minta disebutkan seluruh marga yang hadir tak hanya harahap, tapi juga ada lubis, hasibuan, pulungan dan lainnya. Chairuman menekankan bahwa perubahan orientasi pembangunan oleh kekuasaan memang harus segera dilakukan--termasuk memacu pembangunan dan memfasilitasi rakyat agar mendukung pembangunan. Caranya dengan membangun dari desa, kalau desa terbangun maka pemerintah terbangun dan negara ikut terbangun pula.

Ada banyak PR pembangunan yang perlu dituntaskan oleh orang yang tepat. "Atas dasar itu, Chairuman akan memimpin dan mendarma baktikan dirinya untuk memimpin Sumut, jadi bersama kita memenangkan pasangan Chairuman-Fadly," kata para kader Golkar . (
Analisa)

MU bisa tentukan nasib Jose Mourinho

Jose Mourinho akan memimpin Real melawan MU pada 13 Februari dan 5 Maret.

INFO TABAGSEL.com-Masa depan Jose Mourinho di Real Madrid akan tergantung dengan hasil pertandingan melawan Manchester United di babak 16 besar Liga Champions.

Informasi yang diperoleh koran Inggris, The Daily Telegraph,berdasarkan keterangan beberapa sumber di Real Madrid, menyebutkan bila Real tersingkir, akan ada alasan kuat dari manajemen untuk mengakhiri kontrak Mourinho.

Laga pertama melawan United digelar pada 13 Februari sementara laga kedua di Old Trafford diselenggarakan pada 5 Maret.

Sejauh ini Florentino Perez, presiden Real, diyakini berpandangan kinerja buruk di La Liga belum kuat dipakai sebagai dasar pemecatan mantan manajer FC Porto, Chelsea, dan Inter Milan tersebut.

Pekan ini Mourinho mengakui beda 15 poin dari Barcelona tidak memungkinkan timnya untuk menjuarai La Liga musim 2012-2013.
Retak?

Di tengah lesunya kinerja Real di lapangan muncul berbagai spekulasi yang menyebutkan beberapa pemain senior Real kecewa dengan Mourinho dan mengancam akan hengkang bila manajemen mempertahankan Mourinho sebagai manajer.

Spekulasi ini antara lain diberitakan koran Marca, yang dikenal dekat dengan Real.

Menurut Marca, Sergio Ramos dan kapten Iker Casillas mendatangi para petinggi Real dan mengeluarkan ultimatum tersebut.

Perez sendiri sudah membantah berita ini namun rumor retaknyaKlikhubungan Mourinho dengan beberapa pemain senior tidak juga berhenti.

Ramos tidak dipasang Mourinho di awal-awal putaran Liga Champions sementara Casillas lebih sering dibangkucadangkan.

Pemain belakang Raul Albiol belum lama ini juga mengatakan bahwa Mourinho dan Cristiano Ronaldo juga sempat berdebat sengit.

Pilkada Lima Kabupaten di Sumut September 2013

INFO TABAGSEL.com-Proses pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak di lima kabupaten di Provinsi Sumatera Utara akan diselenggarakan pada September 2013.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Irham Buana Nasution di Medan, Jumat, mengatakan lima kabupaten yang akan mengikuti pilkada pada September itu adalah Deli Serdang, Langkat, Dairi, Tapanuli Utara, dan Padang Lawas.

Jadwal pemungutan suara tersebut ditetapkan karena masa jabatan bupati di lima daerah itu akan berakhir pada awal 2014.

Sedangkan jadwal pilkada untuk dua kabupaten lain yakni Batubara dan Padang Lawas Utara yang masuk dalam rencana pilkada serentak akan dilaksanakan lebih cepat.

Hal itu disebabkan masa jabatan kepala daerah di dua kabupaten tersebut akan berakhir pada akhir 2013 sehingga harus dipercepat untuk menjaga berbagai kemungkinan.

“Pilkada di dua daerah itu mungkin lebih cepat. Mungkin saja (dilaksanakan pada) Agustus,” katanya.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu payung hukum berupa peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) yang mengatur percepatan dan rencana pelaksanaan pilkada di tujuh kabupaten di Sumut itu.

Secara teknis, anggota KPU di tujuh kabupaten tersebut telah memiliki kesiapan untuk menyelenggarakan pilkada serentak dengan menyusun berbagai tahapan yang dibutuhkan.

Bahkan, anggaran untuk pelaksanaan pilkada tersebut juga telah dibahas dan dialokasikan melalui APBD di kabupaten masing-masing.

“Jadi, kita hanya tinggal menunggu Perppu saja. Semuanya sudah siap,” kata mantan Direktur LBH Medan itu.

KPU Sumut Buka Pendaftaran Pemantau Pilgubsu




PENGUMUMAN
No. 189/KPU Prov-002/I/2013
Dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013,berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara Nomor 07/Kpts/KPU-Prov-002/2012 tentang Perubahan Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara Nomor 01/Kpts/KPU-Prov-002/2012  tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013 dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara Nomor 10/Kpts/KPU-Prov-002/2012 tentang Pedoman Teknis Pemantau dan Tata Cara Pemantauan Dalam Pemilihan Umum  Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013, dengan ini Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utaramembuka Pendaftaran Pemantauan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2013dari tanggal 28 Januari s/d 28 Februari 2013 dengan persyaratan sebagai berikut:
1.   1.Pemantauan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dapat dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat, dan badan hukum dalam negeri.
2.   2.Pemantau Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang dimaksud angka 1, harus memenuhi syarat :
a.    Bersifat independen;
b.    Mempunyai sumber dana yang jelas;
c.    Terdaftar serta memperoleh sertifikat akreditasi dari KPU Provinsi Sumatera Utara;
d.    Mempunyai tujuan sesuai dengan azas Pemilu yang demokratis;
e.    Mempunyai keterampilan dan pengalaman dalam bidang pemantauan yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari organisasi pemantau yang bersangkutan;
f.     Mentaati dan mematuhi segala ketentuan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara.
Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi KPU Provinsi Sumatera Utara pada hari dan jam kerja dan dapat dilihat di website KPU Provinsi Sumatera Utara di www.kpudsumutprov.go.id
Medan, 23 Januari 2013
Komisi Pemilihan Umum
Provinsi Sumatera Utara
KETUA,
dto
IRHAM BUANA NASUTION, SH, M.Hum

KPU Umumkan Kekayaan Cagub Sumut


INFO TABAGSEL.com-Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara akan mengumumkan jumlah harta kekayaan lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 15 Februari 2013.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Irham Buana Nasution di Medan, Jumat, mengatakan pengumuman itu akan dilakukan setelah ada verifikasi dan klarifikasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas jumlah harta kekayaan yang dilaporkan.

Berdasarkan komunikasi yang dilakukan selama ini, tim dari KPK akan melakukan klarifikasi dan verifikasi terhadap harta kekayaan lima pasangan cagub dan cawagub Sumut tersebut pada 14-15 Februari.

Secara teknis, proses klarifikasi dan verifikasi mengenai jumlah harta kekayaan itu tergantung dari kebijakan tim yang akan diturunkan KPK.

Anggota KPU dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumut akan mendampingi tim dari KPK tersebut yang akan mendatangi tempat tinggal seluruh pasangan cagub dan cawagub.

Setelah mendapatkan hasil klarifikasi dan verifikasi, baru KPK mengumumkannya agar masyarakat mengetahui jumlah kekayaan lima pasangan calon tersebut.

“Rencananya, sebelum masa kampanye sudah diumumkan,” katanya.

Selain tim verifikasi, kata dia, KPK juga akan menurunkan empat direktur di bagian pencegahan pada akhir Januari 2013 untuk memberikan edukasi tentang komitmen antikorupsi dan penggunaan dana kampanye.

Dalam kegiatan itu akan dilakukan juga deklarasi antikorupsi dan penandatanganan pakta intergitas seluruh pasangan calon untuk tidak melakukan korupsi jika mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Sumut.

Pilkada Sumut akan diikuti lima pasangan yakni mantan Dirut Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu yang berpasangan dengan Wakil Bupati Serdang Bedagai Soekirman (nomor urut 1).

Berikutnya, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Effendi Simbolon yang berpasangan dengan mantan anggota KPU Jumiran Abdi (nomor urut 2).

Setelah itu, mantan Kajati Sumut yang juga anggota DPR RI dari Partai Golkar Chairuman Harahap yang berpasangan Fadly Nurzal yang juga Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Sumut (nomor urut 3).

Selanjutnya, Bupati Deli Serdang Amri Tambunan yang berpasangan dengan mantan Sekretaris Daerah Pemprov Sumut RE Nainggolan (nomor urut 4).

Untuk pasangan nomor urut 5 adalah Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho yang berpasangan dengan Bupati Serdang Bedagai HT Erry Nuradi.
 (ANTARA)

Beyonce 'kecewa' dengan reaksi 'lip-sync'


INFO TABAGSEL.com-Meski hingga saat ini belum memberikan pernyataan resmi, sejumlah sumber yang dikutip media AS mengatakan penyanyi R&B Beyonce merasa 'kecewa' dengan reaksi seputar dugaan bahwa ia melantunkan 'lip-sync' dalam pelantikan Presiden Barack Obama.

Majalah tentang kehidupan selebriti US Weekly mengutip seorang sumber yang mengatakan bahwa Beyonce mengatakan 'lip-sync' bukanlah sesuatu yang tabu dan banyak penyanyi melakukannya 'bahkan penyanyi opera seperti almarhum Luciano Pavarotti.'

Sementara itu seorang pejabat yang bertugas di pelantikan Obama mengatakan pada jaringan televisi kabel CNN bahwa Beyonce tidak menyanyikan lagu secara langsung, seperti dilaporkan oleh AFP.

"Dia tidak menyanyi secara langsung," kata pejabat acara pelantikan yang tidak mau disebutkan nama.

Pejabat itu juga menyampaikan kepada CNN bahwa Beyonce sendiri yang memutuskan pada Minggu, untuk tidak menyanyi secara 'live', karena dia datang terlambat sehingga tak memiliki waktu yang cukup untuk latihan bersama Korps Musik Marinir AS.

Selasa lalu, Korps Musik Marinir AS mengkonfirmasi, selain band bermain secara langsung untuk mengiringi Beyonce, sebuah versi rekaman versi lagu kebangsaan juga diputar.

Tetapi, keterangan itu menyebutkan bahwa bukan kewenangannya untuk mengatakan apakah dia bernyanyi secara langsung atau tidak.

Di Inggris, seorang veteran teknisi radio mengatakan dia melihat video internet, bahwa Beyonce memang bernyanyi, tetapi tak jelas apakah nyanyiannya itu diperdengarkan melalui pengeras suara.

"Tidak ada keraguan sama sekali dibenak saya bahwa, dia bernyanyi di panggung dan itu adalah suara yang ada di microphone itu langsung," kata Ian Shepherd kepada AFP melalui telepon.

"Pertanyaannya adalah, apakah yang terdengar itu berasal dari mik apakah itu diperdengarkan kepada khalayak?"
Udara dingin
Legenda musik soul Aretha Franklin dan penyanyi Alicia Keys, Jennifer Lopez dan LeAnn Rimes membela Beyonce, Franklin mengatakan masuk akal untuk melakukan nyanyian bibir dalam cuaca dingin.

"Dia menyanyi dengan baik melalui rekaman," kata Franklin, 70 tahun, yang bernyanyi pada acara pelantikan Obama pertama kali empat tahun yang lalu, kepada ABC News. "Lain kali saya kemungkinan akan melakukan hal yang sama."

Beyonce terakhir kali tampil dalam acara makan malam di New Orleans pada Senin lalu, setelah menghadiri pelantikan bersama dengan suaminya penyanyi hip hop Jay-Z.

Beyonce jarang menggunakan Twitter, tetapi akunnya menampilkan banyak foto dari Senin, dan juga keterangan sebuah video "Beyonce menyanyi lagu kebangsaan... pada upacara pelantikan presiden 2013."

Shepherd, yang bekerja dengan sama Culture Club, Tricky dan Berlin Philharmonic, menguji setidaknya tiga video online penampilan Beyonce.

Dalam situsnya, Mastering-Media.co.uk, dia mengatakan dapat dipahami, di hari yang dingin, Beyonce dapat memilih untuk melakukan rekaman untuk bernyanyi dengan iringan Korps Musik Marinir AS, di tengah lapangan terbuka selama beberapa jam.

"Penyanyi yang lain akan menemui kesulitan untuk tampil secara prima untuk tampil bersama band," kata dia.

Beyonce, yang menyanyi "The Star-Spangled Banner" pada Super Bowl tahun lalu, dia juga merekam dokumenter mengenai hidupnya yang disiarkan melalui televisi HBO television pada 16 Februari.

Ketum Nasdem diserahkan ke Surya Paloh

Patrice Rio Capella. (FOTO ANTARA/ Dhoni Setiawan)

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Patrice Rio Capella resmi mengundurkan diri dan menyerahkan kursi pucuk pimpinan partai kepada Surya Paloh.

Demikian dikatakan Patrice dalam sambutannya saat Kongres I Partai NasDem di Jakarta Convention Center, Jumat.

"Tugas yang saya emban untuk membangun partai ini berawal dari sebuah mandat. Oleh karena itu, di hadapan saudara-saudara sekalian, saya kembalikan mandat ini kepada bapak Surya Paloh sebagai pemberi mandat," kata Patrice.

Dengan pengembalian mandat tersebut, dirinya mendukung penuh Surya Paloh yang saat ini menjadi Ketua Majelis Nasional Partai NasDem untuk diangkat menjadi Ketua Umum Partai NasDem.

"Kita yakin kepemimpinan beliaulah (Surya Paloh) yang akan membawa Partai NasDem menuju kemenangan pada Pemilu 2014," kata Patrice.

Dalam sambutannya, Patrice menyatakan, Partai NasDem didirikan untuk memenangkan Pemilu 2014.

"Dengan menang, maka perubahan bangsa ini bisa diwujudkan," tambahnya.

Terkait dengan kisruh yang terjadi di internal Partai NasDem, ia meminta kepada semua kader untuk tidak terpengaruh.

"Cobaan yang datang pada kita, bukan hanya dialami oleh Partai NasDem. Cobaan juga dialami partai-partai lain dan juga partai-partai di negara-negara lain," ujar Patrice. 

Jadwal Pelaksanaan Seleksi Tenaga Honorer Kategori II



INFO TABAGSEL.com-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menetapkan Jadwal Pelaksanaan Seleksi Tenaga Honorer Kategori II sbb:

1 BKN menerima daftar nama tenaga honorer Kategori 2 sesuai dengan SE MenPAN-RB Nomor 03 Tahun 2012 BKN Juni 2012
2 Penyusunan listing data tenaga honorer per instansi (nama, tanggal lahir, jabatan, pendidikan, unit kerja) BKN November 2012 oleh BKN
3 Penyampaian listing data TH Kategori II kepada Kantor Regional BKN  Desember 2012
4 Penyampaian listing data tenagahonorer kepada instansi untuk dilakukan pengumuman (uji publik) selama 21 hari melalui media koran lokal dan media online (website BKN) BKN /Kanreg BKN Februari 2013
5 Penyampaian laporan hasil uji publik oleh instansi kepada Men.PAN&RB / BKN Instansi Februari 2013
6 Penerimaan dan penyelesaian Kem.PAN&RB, Maret 2013 pengaduan dalam masa sanggah setelah uji publik BKN
7 Penyusunan nominatif TH Kategori II yang tidak ada masalah BKN April 2013
8 Keputusan kepastian jumlah TH Kategori II per instansi oleh BKNKem PAN&RB dan BKN April 2013
9 Pelaksanaan ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidangPanselnas dan Instansi Juli 2013

 a. Persiapan

 1) Sosialisasi rencana seleksi tenaga honorer K II secara nasional Kem PAN&RBdan BKN Februari 2013

 2) Pembentukan Panitia SeleksiCPNS Instansi dan Nasional Kem.PAN&RB,BKN & Instansi Februari 2013

 3) Penyusunan rencana anggaran pelaksanaan seleksi tenaga honorer kategori 2 tahun 2013 oleh instansi  dan PanselnasKem.PAN&RB,BKN danInstansi Desember 2012(sudah), susulan surat ke Menkeu pd  Januari 2013

4) Penyusunan dan penetapankebijakan pengadaan CPNS tahun 2013 oleh MenPAN&RBKem.PAN&RB Februari s/d Maret 2013
5) Penyusunan juknis pengadaan CPNS tahun 2013 oleh BKNBKN Februari s/d Maret 2013
6) Pembuatan master soal danformat LJK ujian kompetensi dasar oleh konsorsium Konsorsium
7) Pembuatan master soal ujian kompetensi bidang/teknis oleh Instansi Juni 2013 instansi pembina jabatan fungsional
8) Penyampaian master soal encrypt) dan formulir LJK ujian kompetensi dasar oleh Konsorsium kepada Panselnas dan disimpan bersama ke brankas BRI disaksikan oleh Karo Humas/Inspektur KemPAN-RB
9) Penyampaian kunci jawaban ujian kompetensi dasar (encrypt) oleh Konsorsium kepada Panselnas dan disimpan bersama ke brankasBRI disaksikan oleh Karo Humas/Inspektur KemPAN-RB Konsorsium,
Panselnas Juni 2013
10) Penyampaian master soal, formulir LJK ujian kompetensi bidang/teknis oleh instansi Instansi Pembina Jabatan Juni 2013 pembina jabatan fungsional kepada kepada Men. PAN-RB/Panselnas Fungsional
11)Penyampaian review dan evaluasi master soal dari Men. PAN-RB/Panselnas kepada Intansi
Pembina Jabatan FungsionalMen. PANRB/ Panselnas Juli 2013
12) Penyerahan master soal, formulir LJK ujiankompetensi dasar kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes Panselnas Juli 2013
13) Pencetakan LJK dan pendistribusian ke lokasi tes Instansi Juni 2013
14) Penggandaan soal ujian dan pendistribusian ke lokasi tes Instansi Juni s/d Juli 2013
15) Penyerahan master soal, formulir LJK ujian kompetensi bidang kepada instansi untuk digandakan Instansi Pembina Jabatan Juni 2013dan didistribusikan ke lokasi tes Fungsional
16) pembuatan formulir pendaftaran dan tanda pengenal peserta ujianoleh instansiInstansi April s/d Mei 2013
17) Pembuatan buku petunjuk/tatatertib ujiaKonsorsiumdan InstansiMaret s/d April 2013
18) Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan ujian kompetensidasar dan kompetensi bidang oleh Instansi dan PanselnasMenteriPAN&RBRencana Minggu Ke 2 Bulan Juli 2013,
b. Proses seleksi administrasi olehinstansi
1) Proses penomoran peserta seleksi dan pencetakankartu tanda peserta ujianIntansi Mei s/d Juni2013
2) Pembuatan surat undangan/pengumuman Instansi Minggu ke 1 Juli 2013 pelaksanaan seleksi sesuai
listing tenaga honorerkategori 2
c. Pelaksanaan ujian kompetensi dasardilanjutkan ujian kompetensibidang secara tertulis pada
hari yang samaPanselnas Minggu ke 2Juli 2013
d. Pengolahan LJK hasil ujian kompetensi dasar dan ujiankompetensi bidang oleh
konsorsium Konsorsium Juli s/d Agustus2013
e. Penyampaian hasil pengolahan LJK ujiankompetensi dasar dan Kem.PAN&RB/Panselnas dan
KonsorsiuMinggu ke 3Agustus 2013 kompetensi bidang olehkonsorsium yang ditandatangani oleh
konsorsium dan Panselnas kepada MenPAN&RB
f. Pengumuman hasil pengolahan LJK ujian kompetensi dasardan kompetensi bidang oleh instansi
Kem.PAN&RB/Panselnas Agustus 2013


10 Penetapan formasi dan penempatan tenaga honorer kategori II per instansisecara nasional berdasarkan
pertimbangan Kepala BKN Kem. PAN&RB Agustus s/d September 2013
11 Pemberkasan dari instansi untuk usul penetapan NIP CPNSInstansi Oktober/dNovember 2013
12 Proses penetapan NIP THkategori IIBKN November s/dDesember 2013
13 Penyampaian NIP kepada instansiBKN Desember 2013
14 Penetapan SK CPNS olehinstansiInstansi Januari 2014
15 Laporan Monitoring dan Evaluasi Kem.PAN&RB s/d Januari 2015



SUMBER:HUMAS MENPAN-RB






Inilah Prosedur danTempat Honorer K1 mengadu

INFO TABAGSEL.com-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menetapkan prosedur penanganan tenaga honorer kategori I, menyusul diterbitkannya Keputusan Menetri PAN dan RB No. 1/2013.

Dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Penanganan Honorer Kategori I dengan Komisi II DPR RI, Rabu (23/1), Sekretaris Kementerian PAN dan RB Tasdik Kinanto mengungkapkan, pihaknya telah menetapkan Tim Pelaksana Penanganan Pengaduan, Tim Teknis Penanganan Pengaduan, dan Tim Pimpinan/Pengarah.

Sebagai pusat/tempat pengaduan berada di Kemenetrian PAN dan RB atau melalui website. Namun pengaduan dapat disampaikan melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) termasuk kantor Regional, maupun BPKP beserta Perwakilan, dan bisa juga ke Tim Pelaksana Pengaduan. “Untuk pelayanan pengaduan, diatur dalam dua shift, yakni jam 09.00 – 12.00 dan jam 13.00 – 16.00 WIB,’ ujar Tasdik.

Dijelaskan juga, untuk pengaduan yang disampaikan melalui surat/email atau web, diatur sebagai berikut :
Terkait pelayanan informasi (tatap muka) dijawab pada saat pengaduan;
Terkait teknis/kebijakan, paling lambat 4 minggu setelah dokumen yang diperlukan telah dinyatakan lengkap;
Tidak terkait teknis, jawaban paling lambat 1 minggu setelah surat pengaduan diterima.

Dikatakan juga, untuk pelayanan pengaduan yang disampaikan oleh perorangan dan atau LSM hanya bersifat informasi. Adapun pelayanan terhadap penyelesaian status tenaga honorer yang tidak memenuhi criteria (TMK) menjadi memenuhi criteria (MK) harus diselesaikan melalui usulan pejabat pembina kepegawaian (PPK).

Selain menjelaskan prosedur pengaduan, Tasdik Kinanato yang didampingi Kepala BKN dan Sestama BPKP, juga menyampaikan rencana kegiatan (time table) penyelesaian tenaga honorer kategori II, yang dimulai dengan penerimaan daftar nama tenaga honorer kategori II pada bulan Juni 2012 lalu. (lihat table)

Menurut Tasdik, jadwal tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu apabila telah dialokasikan anggaran pelaksanaannya. “Saat ini anggaran itu telah mendapat dukungan Komisi II DPR, dan diajukan kepada Menteri Keuangan, terakhir dengan surat susulan,” ujarnya. (ags/HUMAS MENPAN-RB)

Download Tabel Jadwal

Atasi Anak Putus Sekolah, Guru Diminta Perankan Fungi Sosial


INFO TABAGSEL.com-Guna mengatasi anak putus sekolah, guru diminta mampu memerankan fungsi sosialnya. Kompetensi sosial merupakan satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki guru. Kompetensi lainnya adalah kompetensi pedagogik, profesional, dan kepribadian.

“Selain mengajar, guru dapat mendampingi orang tua yang anaknya terancam putus sekolah karena berbagai alasan termasuk ketiadaan biaya sekolah,” hal ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada acara pembukaan Konferensi Kerja Nasional V PGRI di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis (24/1).

Kegiatan konferensi, yang berlangsung mulai 24 s.d 27 Januari ini, mengambil tema “Memacu profesionalisme Guru melalui Peningkatan Kompetensi dan Penegakan Kode Etik”.

Hadir pada acara Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz, Gubernur NTB TGH.M. Zainul Majdi, Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI) PGRI Pusat Wardiman Djojonegoro, yang juga Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan sebanyak 560 peserta perwakilan seluruh Indonesia.

Mendikbud mengemukakan, berdasarkan data tahun 2007, peserta didik miskin jenjang sekolah dasar (SD) mengalami putus sekolah mulai kelas tiga s.d. empat. Sebanyak 20 persen tidak lulus SD dan hanya 61 persen yang melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP). “Saya berpesan kepada guru kalau punya murid jangan sampai ada yang drop out. Saya yakin guru memiliki dedikasi luar biasa,” katanya.

Adapun berdasarkan data 2011, peserta didik miskin yang putus sekolah mulai kelas lima s.d. enam. Dan dari peserta yang lulus ada 10 persen yang tidak melanjutkan ke SMP. Menurut Mendikbud, undang-undang mengamanatkan pendidikan dasar adalah wajib. “Mudah-mudahan dengan peran PGRI para lulusan SD mampu melanjutkan ke SMP,” kata Menteri Nuh.

Terkait sertifikasi guru, Mendikbud mengungkapkan laporan Bank Dunia 2012 berjudul “Spending More or Spending Better: Improving Education Financing in Indonesia”. Laporan tersebut menyimpulkan, tunjangan sertifikasi dapat meningkatkan kesejahteraan guru, tetapi tidak memberikan perbaikan signifikan kepada outcome pembelajaran.

Menyikapi laporan tersebut, Mendikbud meminta para guru dapat bekerja lebih profesional dan melakukan perubahan internal. “Jangan sampai dianggap inefisiensi dunia pendidikan,” katanya.

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistyo menyampaikan, PGRI menetapkan dirinya sebagai mitra pemerintah karena meyakini untuk mewujudkan guru profesional, sejahtera, dan terlindungi dapat diwujudkan dengan kerja sama.

Terkait rencana perubahan kurikulum 2013, Sulistyo mengatakan, PGRI menyampaikan apresiasi atas upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun demikian, dia meminta penyusunan melibatkan pihak terkait dan diimplementasikan dengan tepat. “Mohon disosialisasikan dan disiapkan gurunya termasuk penyediaan dokumen,” katanya.

Acara kongres dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Ketua PGRI dengan Menpera tentang penyediaan rumah umum yang layak dan terjangkau bagi guru, dosen, dan tenaga kependidikan anggota PGRI. Menyaksikan penandatanganan Mendikbud M.Nuh. (ASW).